oleh

Presiden Batal Datang, 500 juta diserahkan KUR Melalui Menteri

-Handep Hapakat-1.167 views

SK NEWS – PULANG PISAU : Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran kembali mengunjungi Area Pertanian di wilayah Pulang Pisau tepatnya di desa Gadabung.

Kunjungan kali ini dilakukan sehari setelah rencana kunjungan presiden RI batal dilakukan ke wilayah ini.

Sama seperti kunjungan yang dilakukan belum lama ini yakni didesa Belanti Siam yang merupakan desa tetangga dari desa Gadabung.

Secara spesifik menteri pertanian melakukan hal yang sama yakni meninjau area pertanian di wilayah lumbung padi Nasional sebagaimana dicanangkan presiden RI Joko Widodo.

Menteri Pertanian pada kunjungan kerja kali ini juga melakukan berbagai langkah dalam upaya persiapan dalam pengembangan lokasi pertanian dimana pokja percepatan ketahanan pangan Kalteng juga telah dibentuk dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang beberapa pekan terakir juga sudah melakukan invetarisasi luasan lahan.

Wilayah cakupan luasan tanam dari data invetarisasi lahan dilokasi ini mencapai 1,2 ribu hektar dan masih termanfaatkan setengahnya dari 14 kelompok tani yang mengelola lahan sehingga inilah harapan kedepan dengan teknik moderenisasi pengolahan akan semakin luas area tanam petani diwilayah Maliku Pandih Batu.

Jika saat melakukan kunjungan beberapa waktu lalu ke wilayah ini Mentan turun langsung ke area tanam padi namun kali ini dirinya hanya memantau operasionalnya mesin tanam padi secara mekanik dengan alat bantuan dari pemerintah termasuk dalam kesempatan tersebut pihaknya memberikan bantuan KUR senilai 500 juta kepada kelompok tani sebagai upaya peningkatan hasil panen.

Syahrul Yasin Limpo saat menyapa masyarakat desa Gadabung, Kamis, 11/6/2020

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo dalam kesempatan tersebut selain menerima KUR mandiri juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan pemerintah pusat dalam menunjuk Pulang Pisau sebagai pusat ketahanan pangan nasional sehingga pihaknya akan berupaya memberikan dorongan kepada para petani disemua bidang untuk menyesuaikan dengan teknik pertanian modern.

‘ Atas nama pemerintah Daerah saya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menunjuk Pulang Pisau sebagai pusat ketahanan pangan sehingga kita akan mendorong petani untuk semakin semangat dalam mengolah lahan yang tentunya akan disesuaikan dengan sistem modern, ” kata Edy.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada kunjungan kali ini juga terjadwal melakukan kegiatan di beberapa kabupaten termasuk melakukan kunjungan ke kabupaten Kapuas. ( sr/red ).

Komentar

SK News Update