Perlu Pembangunan Sodetan di Pembuang Hulu

  • Bagikan
Anggota DPRD Seruyan, Arahman, saat menghadiri rapat pembentukan tim pansus DPRD. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Sebagai langkah antisipasi daerah rawan longsor seperti di Desa Pembuang Hulu I dan II Kecamatan Hanau, Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan sarankan kepada pemerintah daerah (pemda) setempat untuk membangun sodetan di titik sungai.

Anggota DPRD Seruyan, Arahman mengatakan, longsor di tebing sungai dua desa tersebut makin hari makin memprihatinkan, sehingga pemda perlu untuk melakukan antisipasi awal. Meski anggaran pemerintah saat ini terbatas minimal melakukan pembuatan sodetan.

“Sodetan bisa menjadi solusi untuk mengatasi titik rawan longsor di Desa Pembuang Hulu, anggaran yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, sehingga bisa dilakukan pemerintah daerah,” katanya.

Menurutnya, pada zaman pemerintahan sebelumnya sudah pernah dilakukan pengukuran sungai dengan panjang sekitar tujuh kilometer untuk dibuatkan semacam sodetan di wilayah tersebut.

Disebutkannya, dengan panjang luasan sungai tersebut jika diperhitungkan efisiensi biaya yang dikeluarkan hanya perlu menganggarkan 10 sampai 15 miliyar rupiah saja. “Ini tentu lebih ringan dibandingkan jika pemerintah membuat siring sepanjang luasan sungai,” jelasnya.

Diharapkan, usulan ini bisa ditindak lanjuti oleh dinas terkait, mengingat desa setempat sangat rawan terjadinya longsor. Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi saat ini sebagian ruas jalan hanyut terbawa erosi, termasuk sejumlah pekarangan rumah warga sudah sangat dekat dengan tebing sungai. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!