Pemda Didorong Kembangkan Potensi Sabut Kelapa

Inilah sabut kelapa yang merupakan limbah dari buah kelapa tua. Untuk saat ini sabut hanya dibuang dan dibakar, karena tidak adanya SDM yang melirik potensi tersebut. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan didorong untuk mengembangkan potensi sabut kelapa yang ada di wilayah setempat, karena dinilai memiliki nilai jual dari pada hanya dibakar atau dibuang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, ketersediaan komoditas kelapa di wilayah ini terbilang cukup melimpah, salah satunya yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

“Buah kelapa saat ini cukup berlimpah dan sabutnya juga bisa dimanfaatkan karena mempunyai nilai ekonomis. Bahkan, dibeberapa daerah itu sudah menjadi komoditas ekspor,” katanya, Selasa, (27/6/23).

Untuk itulah, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) didorong agar melirik dan mencoba untuk mengembangkan sumber potensi yang saat ini hanya disia-siakan.

Menurutnya, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di wilayah ini, terutama sabut kelapa jika dikelola dengan baik, otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah setempat.

“Karena ketersediaannya cukup melimpah, sayang jika tidak dikelola. Saya berharap dinas terkait bisa mengelola potensi-potensi yang ada di Bumi Gawi Hatantiring untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya. *.*

Respon (59)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!