Pemasaran Produk UMKM Harus Diperluas

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Muhamad Aswin, saat memimpin kegiatan rapat internal. Dalam kegiatan ini sejumlah aspirasi dan usulan masyarakat disampaikan, salah satunya bantuan hibah perikanan. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Guna membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan di minta untuk meluaskan pemasaran produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat lokal.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Muhammad Aswin mengatakan, Pemda melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, sangat berperan penting dalam membantu mengembangkan pangsa pasar UMKM tersebut. Pasalnya, produk lokal sudah cukup layak untuk dipasarkan ke luar daerah, namun diakuinya masyarakat atau pelaku usaha masih kesulitan untuk ke luar provinsi.

“Ini merupakan aspirasi dari para pelaku UMKM, di mana saat ini mereka terkendala dalam pemasaran produk, karena memang jaringannya masih terbatas,” katanya, Kamis, (7/4/2022).

Ditambahkannya, dalam berbagai kegiatan resmi mulai dari pembahasan anggaran, melalui komisi, dan lainnya, sudah berulang kali pihaknya meminta kepada dinas terkait agar bisa memperhatikan masalah tersebut. Salah satunya mendorong pemda untuk memasarkan produk-produk unggulan daerah tersebut mulai dari hal kecil misalnya melalui pameran lokal.

“Hal ini dimaksudkan agar produk-produk tersebut bisa dikenali oleh masyarakat luas, tidak hanya dalam daerah bahkan bisa berkembang lebih jauh hingga daerah luar,” tegasnya.

Disamping itu, hal yang tidak kalah pentingnya dinas terkait dapat memberikan pendampingan terkait cara pemasaran melalui media sosial yang tentu jangkauannya lebih luas. Tentu langkah dan upaya ini jika dilakukan secara berkelanjutan, maka hasilnya akan lebih maksimal. *.*

Respon (65)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!