oleh

Optimalkan Peran Taman Baca dengan Workshop

-Pendidikan-91 views

SK NEWS, PULANG PISAU – Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Kabupaten Pulang Pisau menyelenggarakan Workshop penguatan Taman Baca Masyarakat (TBM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti), di tahun 2021.

Bertempat di TBM “Harapan” SKB Pulang Pisau di Jalan Pejuang, Desa Mentaren, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, workshop dimulai sejak tanggal 16 Agustus – 18 Agustus 2021, yang diikuti sebanyak 30 peserta dari SKB, PKBM, Pengelola TBM , para pegiat TBM mandiri dan Dinas Pendidikan.

Drs Bungas Kepala SKB SPNF Kabupaten Pulang Pisau mengatakan, bahwa kegiatan Workshop ini merupakan kegiatan ini bertujuan memotivasi masyarakat pengoptimalan peran dan keberadaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), di SKB yang merupakan program dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud ristek RI.

“Alhamdulillah, kami bersyukur SKB Pulang Pisau terpilih dari 30 SKB se Indonesia yang dapat melaksanakan workshop setelah sebelumnya dilakukan telah pendampingan TBM di SKB” katanya.

Program Penguatan TBM diisi dengan berbagai kegiatan seperti ceramah, presentasi, dan diskusi dengan menghadirkan narasumber dari direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan khusus, Kepala bidang Pendidikan Non Formal Kabupaten Pulang Pisau, Dinas Perpustakaan Dan kearsipan Daerah, Forum TBM Pusat dan Forum TBM Provinsi.

Bungas menambahkan selain mensosialisasikan kebijakan pendidikan keaksaraan dan budaya baca, workshop ini juga bertujuan meningkatkan spirit dan pengembangan kegiatan literasi masyarakat melalui para pengelola TBM dan pegiat literasi di Pulang Pisau.

” Dalam menyikapi situasi perubahan, budaya membaca, harus tumbuh dan berkembang di kalangan generasi bangsa, terlebih generasi milenial harus punya visi dan misi yang maju, TBM harus melibatkan orang-orang yang kreatif dsn profesional” tambahnya.

Salah satu hasil dari kegiatan workshop yang melibatkan para pengelola TBM dan pegiat literasi di Pulang Pisau adalah terbentuknya pengurus Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Pulang Pisau yang diharapkan akan membangun jejaring kerjasama dan komunitas antar pengelola TBM yang saling memberdayakan (Bonni)

Wartawan Suara Kahayan NEWS selalu dibekali dengan Kartu PERS serta terdaftar di box Redaksi. admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update