Operasionalkan PLTMH di Suling Tambun

  • Bagikan
Aliran irigasi untuk mendukung jalannya PLTMH Kecamatan Suling Tambun. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Masyarakat Kecamatan Suling Tambun meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengoperasionalkan kembali pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) yang berada di wilayah setempat, karena keberadaan aliran listrik sangat diperlukan untuk keperluan sehari-hari.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, berdasarkan keterangan yang diterimanya bahwa pembangkit listrik tersebut pernah berfungsi selama 8 bulan dulunya. Untuk itu, masyarakat setempat menginginkan agar PLTMH bisa berfungsi kembali dengan baik.

“Melihat kondisi ini saya sangat prihatin, sudah wilayahnya berada sangat jauh dari ibu kota kabupaten, akses internet sulit, ditambah lagi dengan jaringan listrik yang tidak ada,” katanya, Kamis, (14/4/2022).

Menurutnya, masyarakat setempat hingga saat ini juga masih belum mengetahui kendala dari pembangkit listrik tenaga air tersebut sehingga tidak dapat berfungsi lagi. Padahal PLTMH itu sudah strategis ditempatkan di Suling Tambun yang mana memiliki air terjun yang sangat deras sehingga bisa menambah daya tenaga listriknya.

“Saya sangat menyayangkan PLTMH tidak fungsikan lagi, karena masyarakat sekitar memerlukan aliran listrik terutama untuk penerangan pada malam hari,” tegasnya.

Untuk itu, pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk dapat menindaklanjuti dan menangani permasalahan ini, sehingga PLTMH dapat kembali dioperasionalkan dan tentunya masyarakat setempat bisa merasakan kesejahteraan. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!