Merajut Seni Lokal Melalui Festival Budaya Handep Hapakat

  • Bagikan
Pentas Seni dan Budaya dipanggung puncak festival seni budaya handep hapakat 2023 sebgai ajang terakhir pda event tersebut. Foto : Aditya SK News
Bahzar Effendi kadis Budpar Pulpis

SKNEWS, PULANG PISAU – Kreatifitas seni dan budaya Kalimantan Tengah terus mengalami kemajuan yang signifikan, ajang festival seni budaya handep hapakat diharapkan mampu memberikan daya dorong untuk ruang tampil para bakat seni di Pulang Pisau.

Masih dalam suasana perayaan HUT ke 78 Republik Indonesia panitia pelaksana kegiatan masih terus menuntaskan agenda kreatifitas masyarakat di Pulang Pisau melalui berbagai event lomba.

Festival  seni dan budaya handep hapakat juga bagian dari kegiatan yang melekat pada dinas kebudayaan dan pariwisata Pulang Pisau dengan menampilkan ajang lomba seni serta kreativitas warga lokal di pulang pisau.

Sedikitnya terdapat 10 cabang lomba seni dan budaya diantaranya Balogo, pahat Ukir, karungut, malamang, Lawang sekepeng, vokal solo, mangaruhi, termasuk pentas seni budaya dimalam puncak acara yang menampilkan seni tari dari berbagai sanggar yang ada di pulang pisau.

Bahkzar Effendi selaku kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Pulang Pisau  menyebut bahwa ajang festival seni budaya banyak melahirkan talenta – talenta bakat seni di pulang pisau yang akan terus dikembangkan dimasa mendatang.

“ Untuk festival seni budaya tahun ini kita lakukan lebih kurang ada 10 jenis seni budaya lokal, ini tentu harapan kita akan semakin memacu perkembangan serta inovai dibidang seni budaya Kalimantan Tengah sementara pada puncak acara kita gelar pentas seni budaya serta pemberian bebagai penghargaan bagi mereka sebagai bentuk partisipasi untuk menggiatkan seni budaya di handep hapakat,” ucap Bakhzar.

Ajang festival seni budaya adalah satu event rutin tahunan yang sangat ditunggu – tunggu masyarakat sehingga gelaran tersebut memberikan dampak positif untuk saling mengembangkan diri dalam kemajuan seni budaya di bumi handep hapakat pulang pisau agar terus memiliki daya saing dalam kemajuan seni budaya kalimantan tengah.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!