oleh

Membangun Pertanian Skala Besar Melalui Rakernas Bidang Pertanian 2021

Suarakahayannews.com, PULANG PISAU – Presiden menegaskan pentingnya membangun sistem pertanian dalam skala nasional yang memerlukan kerja keras dan serius guna mengatasi persaingan global harga komoditi kebutuhan dasar pangan.

 

Hal tersebut disampaikan presiden dalam rapat kerja nasional bidang pertanian tahun 2021 yang juga diikuti oleh seluruh kepala daerah dan SOPD terkait secara virtual.

Usai pembukaan rapat kerja bupati mengatakan bahwa Kalimantan Tengah disinggung sebagai lokasi ketahanan pangan nasional yang pelaksanaannya akan dilakukan evaluasi terkait kendala – kendala yang dihadapi dilapangan.

Edy Pratowo juga merespon pesan presiden untuk terus memaksimalkan pelaksanaan pembangunan bidang pertanian sehingga harapan presiden akan memberikan dampak bagi kemajuan pertanian secara nasional.

“ Sebagaimana arahan bapak presiden bahwa saat ini Kalimantan Tengah sebagai pilot program pembangunan pertanian skala nasional tentunya kita akan terus mempersiapkan segala hal dalam memenuhi target dimaksud apalagi sebagai lokasi ketahanan pangan nasional tentunya pesan presiden akan dievaluasi kendala apa yang dihadapi dilapangan,” kata Edy.

Sementara itu kepala Dinas Pertanian Slamet Untung Rianto berpendapat bahwa pembangunan pertanian nasional adalah selaras dengan kebutuhan pangan dalam skala besar sebagai upaya membendung import barang khususnya ketersediaan pangan nasional yang dapat menekan harga untuk mampu bersaing dalam pasar global.

“ Kami mengukuti pembukaan rakernas pertanian tahun 2021 bersama bapak bupati yang tentunya kita akan mengikuti arahan beliau sebagaimana disampaikan presiden dalam pembukaan tadi,” kata Slamet.

Rapat kerja nasional pertanian 2021 tersebut digelar sebagai upaya membendung lajunya impor kebutuhan pangan dengan harga yang rendah sehingga indonesia sendiri belum mampu mengatasinya dan satu – satunya jalan adalah memaksimalkan program pertanian skala besar. ( rt/red )

Komentar

SK News Update