Manfaatkan Beras Lokal untuk Penyumbang PAD

Anggota DPRD Seruyan, Hadinur, saat berada di ruang kerjanya. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Mengingat hasil produksi beras lokal dari wilayah Kabupaten Seruyan belum dikelola secara maksimal, Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyarankan, bahwa hasil produksi bisa dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Anggota DPRD Seruyan, Hadinur mengatakan, pengelolaan beras lokal hingga saat ini belum ada tindakan khusus dari pemerintah setempat, terutama untuk ikut andil dalam memasarkan hasil produksi para petani asli lokal setempat.

“Sebagai contoh hasil panen padi di Seruyan Hilir cukup melimpah, namun banyak masyarakat yang sampai saat ini masih kebingungan memasarkan beras tersebut,” katanya, Rabu, (13/4/2022).

Menurutnya, melihat potensi tersebut pemda seharusnya dapat ikut andil dalam menyejahterakan para petani, terutama dengan memberikan solusi terhadap permasalahan mereka dalam hal pemasaran. Misalanya diadakannya tunjangan pangan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan berbentuk beras.

“Saya harap petani dan pemerintah bisa bekerjasama dalam hal ini, sehingga petani dapat terbantu dari pemasaran berasnya, sedangkan pemerintah juga dapat keuntungan untuk PAD,” tuturnya.

Selain itu, ke depan pemerintah juga harus berupaya memberikan dukungan bagi para petani untuk menciptakan berbagai jenis beras, karena memang selama ini masyarakat kebanyakan menanam beras siam epang, di mana tidak semua orang suka mengkonsumsi beras tersebut. *.*

Respon (67)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!