Maksimalkan Peran Bumdes Untuk Membantu Masyarakat

  • Bagikan
Wakil Ketua 2 DPRD Seruyan, Muhammad Aswin, saat diwawancara oleh insan pers. Foto: Said.

SKNews, Seruyan –  Legislator menilai peran dari badan usaha milik desa (bumdes) sangat penting untuk membantu para petani di wilayahnya masing-masing, untuk itu bumdes agar dapat difungsikan dan lebih  dimaksimalkan.

Wakil Ketua 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Muhammad Aswin mengatakan, setiap desa harus memiliki bumdes untuk dapat membantu perekonomian masyarakat setempat, salah satunya menjadi ujung tombak terhadap sektor pertanian milik masyarakat di desanya masing-masing.

“Bumdes dapat memperhitungkan jumlah petani yang ada di desanya, dalam rangka untuk membantu para petani dalam memasarkan hasil pertanian sehingga hasilnya lebih maksimal,” katanya, Senin, (30/5/2022).

Menurutnya, jika bumdes sudah menjalankan tugasnya dengan maksimal tentu akan berdampak positif terhadap perekonomian di setiap desa, sehingga pendapatan asli desa (PADes) juga dapat meningkat dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.

“Kami meminta jangan sampai ada oknum tertentu yang mengambil keuntungan dan merugikan masyarakat, orang-orang yang menggerakkan bumdes harus betul-betul menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Politisi Nasdem itu menambahkan, nantinya bumdes juga dapat menyediakan pupuk dan sarana prasarana lainnya yang bisa meringankan beban para petani. Bahkan, pada saat musim panen tiba bumdes sudah dapat memperhitungkan kebutuhan beras.

“Banyak fungsi dari bumdes jika dimaksimalkan, selain dapat membantu para petani untuk memperhitungkan kebutuhan beras bagi masyarakat, juga dapat menyediakan pupuk, bibit, alat dan mesin pertanian, maupun sarana prasarana lainnya,” tutupnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!