Komisi II DPRD Bartim Bakal Perjuangkan Anggaran PPG 

  • Bagikan

SKNEWS, Palangkaraya – Ketua Komisi II DPRD Barito Timur, Wahyudinnor mengatakan, pihaknya akan berupaya secara maksimal untuk memperjuangkan adanya anggaran bagi keikutsertaan guru pendidikan agama dalam pendidikan profesi guru (PPG). Komitmen itu disampaikan Wahyudinnor saat bertemu jajaran Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Jum’at (19/8) di aula utama Kemenag Kalteng.

Dikatakan, Komisi II akan menjalankan seluruh mekanisme yang diperlukan dalam upaya penganggaran biaya PPG tersebut. Salah satunya dengan bertemu jajaran Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah.

Setelah mendapatkan informasi dan penjelasan yang lengkap, lanjut Wahyudinnor, Komisi II DPRD Bartim selanjutnya akan mengundang pemerintah kabupaten melalui dinas teknis terkait untuk menindaklanjuti.

“Kami akan upayakan semaksimal mungkin agar guru pendidikan agama yang sudah lulus pre test PPG bisa ikut PPG melalui skema dana dari pemerintah daerah. Saya yakin APBD Barito Timur bisa membiayainya,” ucap Wahyudinnor.

Beberapa waktu lalu sejumlah guru pendidikan agama Islam (PAI) mendatangi DPRD Bartim. Menurut Wahyudinnor, saat itu para guru meminta agar ada alokasi anggaran PPG dari pemerintah daerah.

Pertemuan itu sendiri dihadiri Kabag Tata Usaha H. Tuaini dan Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam, Elly Saputra beserta jajaran Bidang Papkis. Menurut Wahyudinnor, DPRD Barito Timur ingin mendapatkan beragam informasi terkait pendanaan PPG bagi guru pendidikan agama.

“Dan saat ini kami ke Kemenag Kalteng karena ingin berdiskusi lebih jauh dengan Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah tentang pendanaan bagi guru agama yang mau mengikuti PPG,” ujar Wahyudinnor.

Sementara itu, Kabag TU H. Tuaini menuturkan, guru PAI mayoritas diangkat oleh pemerintah daerah. Dan sesuai regulasi, pemerintah daerah lah yang menganggarkan pendanaan bagi pelaksanaan PPG guru PAI.

Senada, Kabid Papkis Elly Saputra menjelaskan, guru PAI di Barito Timur yang telah lulus pre test PPG sebanyak 74 orang. Jika biaya PPG yang diperlukan per guru adalah Rp.5 juta, maka alokasi bagi PPG guru PAI Kabupaten Barito Timur memerlukan dana Rp.374 juta.

Sekedar diketahui, sebanyak 3 orang anggota DPRD Kabupaten Barito Timur pada Jum’at (19/8) menyambangi Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah. Mereka merupakan legislator Komisi II pada daerah yang berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah itu. Pertemuan antara anggota DPRD dan jajaran Kanwil Kemenag Kalteng digelar di aula utama Kemenag setempat. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!