Kiprah Sanggar Riak Nyalong selama 30 Tahun Hiasi Berbagai Acara

  • Bagikan
Tarian Dayak yang salah satunya dari Sanggar Riak Nyalong saat tampil di Gedung Pertemuan Kuala Kapuas di acara pertemuan rektor dan ketua LPPM dalam persiapan KKN Kebangsaan. Foto : Abimanyu.
SKNews, KUALA KAPUAS – Kalimantan Tengah kaya akan ragam budaya dan seni, banyaknya sanggar tari daerah membuktikan bahwa tanah dayak kaya akan budaya dan seni tari yang sangat beragam.

Tarian Dayak sendiri sering kita jumpai pada saat penyambutan tamu, pembukaan acara kegiatan hingga pentas seni tradisional sedangkan  jenis dan ragam tarian pun sangat kaya kreasi mulai dari group yang sederhana hingga yang dalam jumlah banyak termasuk jenis alat musik yang digunakan.

Salah satunya adalah sanggar tari Riak Nyalong asal Kapuas Kalimantan Tengah, sanggar ini telah berkiprah untuk tampil diberbagai acara sedangkan jenis tarian juga sangat beragam.

Meroni yang juga salah seorang pengurus tarian dari sanggar ini menyebut bahwa sanggar ini sudah berusia 30 tahun, seperti halnya tarian yang tampil kali ini dinamakan Tarian Mandau Apang Tarung Hakumbang pimpinan bapak Ragus Rumbang dan sering tampil pada berbagai kegiatan.

“ Hari ini kita tampil di acara pertemuan rektor dan ketua LPPM se- Indonesia di Kapuas dan tari yang kita tampilkan adalah Tari Mandau Apang Tarung dari sanggat Riak Nyalong pimpinan kami adalah bapak Ragus Rumbang, tarian ini menggambarakan kehebatan bawi dayak dalam memainkan senjata tradisonal mandau dan Tameng oleh pemuda dayak,” kata Meroni serya menyebut bahwa tarian ini sering tampil diberbagai acara.

Meroni bercerita bahwa tarian ini menggambarkan kegagahan pemuda pemudi dayak dalam menggunakan senjata tradisional dayak dengan banyak tampil baik mengisi acara pemerintah, swasta maupun tamu manca negara sedangkan harapannya kepada pemerintah agar terus memberikan daya dukung pembinaan dan bantuan untuk terus memajukan sanggar tari yang ada di Kalimantan Tengah agar tampil lebih maksimal lagi.*.*

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!