Keterampilan Menganyam Rotan Perlu Ditingkatkan

  • Bagikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Atinita, saat berada di ruang rapat paripurna. Foto: Said Seruyan.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan melalui instansi terkait diminta memberikan dan meningkatkan keterampilan menganyam bagi masyarakat, khususnya para pengrajin rotan di Daerah Pemilihan (Dapil) III melalui program pelatihan berkelanjutan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Atinita mengatakan, sangat potensial jika Sumber Daya Alam (SDA) rotan yang melimpah di Dapil III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar, dan Suling Tambun, dikembangkan menjadi produk andalan bagi warga sekitar seperti kerajinan anyaman tangan.

“SDA rotan di Dapil III itu sangat melimpah dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diolah menjadi bahan kerajinan tangan. Namun perlunya dukungan pemerintah dalam memberikan bimbingan atau pelatihan tentang tata cara menganyam yang baik,” katanya, Kamis, (21/4/2022).

Menurutnya, sangat disayangkan jika potensi tersebut tidak dapat dimanfaatkan, karena dalam mengayam itu tidak harus berlatar belakang pendidik yang tinggi. “Ini juga menjadi salah satu alasan saya meminta adanya program pelatihan menganyam ini, masyarakat yang tidak sekolahpun dapat kita berdayakan,” tegasnya.

Untuk itu, jika memang nantinya keterampilan ini bisa di aplikasikan oleh masyarakat setempat tentu akan menjadi solusi bagi mereka terutama bagi mereka yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!