oleh

Kadistan Pulpis Ajak Milenial Jadi Petani Modern

SKNews – Pulang Pisau : Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan, kunci kemajuan modernisasi pertanian berada di tangan generasi milenial saat ini.

Menurutnya, kemampuan untuk menggarap lahan memanfaatkan teknologi, kreatif dan inovatif harus dimiliki generasi milenial sebagai upaya regenerasi petani tradisional menuju petani moderen.

Ungkapan Slamet ini sejalan dengan upaya pemerintah, baik pemerintah pusat, Provinsi Kalteng dan Kabupaten Pulang Pisau untuk menjadikan Pulang Pisau sebagai pusat ketahanan pangan Nasional dalam rangka menghadapi era globalisasi dewasa ini.

“Segala daya potensi yang ada harus dikerahkan dan jangan sampai disia-siakan, apalagi sampai hilang akibat melemahnya regenerasi petani,” ujar Slamet, Kamis (28/5).

Dikatakan Slamet, salah satu kunci keberhasilan dan kemajuan modernisasi pertanian adalah munculnya generasi milenial yang mampu memanfaatkan teknologi secara inovatif dan kreatif untuk menggarap lahan pertanian.

“Kuncinya adalah regenerasi petani, dan itu ada ditangan generasi milenial saat ini, khususnya para pemuda yang berada di wilayah lumbung padi di Desa Belanti Siam,” tukas Slamet menanggapi rencana pemerintah pusat menjadikan Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau sebagai area pusat ketahanan pangan Nasional.

Dia menilai, sangat diperlukan regenerasi petani untuk kelanjutan sektor pertanian ini. “Kita harapkan kesadaran para generasi muda menjaga kelangsungan sektor pertanian ini, dan tidak perlu malu menjadi seorang petani,” ucapnya.

Distan Kabupaten Pulang Pisau, imbuhnya, akan berupaya mendorong dan mendukung generasi milenial untuk mencintai bidang pertanian dengan menyiapkan fasilitas alat pertanian moderen, dan akan memberikan pelatihan-pelatihan agar menjadi petani moderen yang sukses, tutup Slamet. asri/red

Komentar

SK News Update