oleh

Jokowi Dorong Pulang Pisau Jadi Pusat Ketahanan Pangan Nasional

-Handep Hapakat-1.993 views

SKNews – Pulang Pisau : Potensi yang dimiliki Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau sebagai lumbung pangan Provinsi Kalteng dilirik pemerintah pusat untuk dijadikan pusat ketahanan pangan Nasional.

Bahkan Presiden RI Ir Joko Widodo dalam kunjungannya beberapa waktu lalu ke kabupaten itu mengungkapkan bahwa Pulang Pisau akan dicanangkan menjadi pusat ketahanan pangan Nasional.

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pertanian (Mentan) untuk membangun lahan seluas 300 ribu hektare (ha) untuk padi organik di Kalteng. Salah satu lokasi yang direkomendasikan adalah Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau yang merupakan eks lahan gambut.

Upaya dan langkah-langkah persiapan terus dilakukan dalam rangka menyambut hajat besar nasional untuk mengubah petani tradisional menuju petani modern.

Jika sebelumnya lokasi yang ditunjuk untuk dikunjungi Menteri Pertanian RI (Mentan RI) dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, pekan ini kunjungan ke lokasi persiapan lumbung padi di Desa Belanti Siam dilakukan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng, Rabu (27/5).

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo dihadapan rombongan Forkopimda Kalteng memberikan paparannya menyatakan, berdasarkan potensi yang dimiliki Kabupaten Pulang Pisau, khususnya desa Belanti Siam disebut sangat layak dijadikan pusat ketahanan pangan Nasional. “Langkah selanjutnya adalah melakukan kajian dan inventarisasi lahan yang tersedia,” ungkap Edy, Rabu (27/5) di Desa Belanti Siam.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri dalam sambutannya mengatakan, Pulang Pisau sangat laik menjadi salah satu pusat ketahanan pangan Nasional sebab memiliki potensi yang cukup memadai. “Tujuan utama dicanangkannya lumbung pangan Nasional di wilayah ini juga merupakan upaya untuk menyejahterakan masyarakat setempat,” ujarnya.

Dalam kunjungan sekaligus tinjauan lapangan terkait lokasi yang dijadikan area ketahanan pangan tersebut, juga diserahkan secara simbolis bantuan pupuk kepada petani di wilayah Desa Belanti Siam.

Hadir dalam kunjungan itu, Kapolda Kalteng, Danrem Panju Panjung, Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Bupati Pulang Pisau dan sejumlah pejabat Pemkab Pulang Pisau. (asri/rt/red)

Komentar

SK News Update