HKN Momentum Tepat Menanggulangi Stunting

Pj Bupati Seruyan, H Djainuddin Noor (tengah) ketika menyerahkan potongan tumpeng pertama kepada Kadiskes Seruyan, dr Bahrun Abbas, ketika bersama merayakan HKN ke 59 tahun 2023. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Peringatan hari kesehatan nasional (HKN) dinilai menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, salah satunya adalah menanggulangi permasalahan kasus stunting yang hingga saat ini penyebarannya cukup tinggi.

Peringatan HKN ini menjadi langkah transformasi bidang kesehatan yang akan selalu diutamakan, mengingat upaya pencegahan sejak dini lebih baik jika dibandingkan harus melakukan pengobatan.

“Salah satu yang difokuskan saat ini adalah upaya maksimal dalam menurunkan angka stunting, terakhir masih berada diangka 34,7 persen, dan semoga survei terakhir yang akan dirilis bulan Desember nanti bisa mengalami penurunan,” kata Kadiskes Seruyan, dr Bahrun Abbas, Kamis, (16/11/23).

Dijelaskannya, peringatan ini merupakan wujud untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para tenaga kesehatan, terlebih keberadaannya sangat berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan masyarakat.

“Sebagai garda terdepan dalam melayani kesehatan, tentu harus selalu diberikan motivasi dan semangat yang tinggi, sehingga semuanya bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan,” jelasnya.

Sementara Penjabat Bupati Seruyan, Djainuddin Noor mengatakan, untuk melakukan pengendalian dan pencegahan secara sinergi terus digencarkan. Tidak kalah pentingnya masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk selalu melihat kondisi dan perkembangan anaknya di pusat layanan terpadu.

“Selamat merayakan HKN, semoga pelayanan kesehatan kita menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Saya minta semuanya berperan mengatasi masalah stunting yang menjadi program nasional dan harus diatasi,” katanya.

“Masyarakat perlu pro aktif dan dapat membantu untuk menurunkan angka kasus stunting, mengingat usia nol hingga lima tahun pertama pertumbuhan sangat mempengaruhi perkembangan anak kedepannya,” harapnya.  *.*

Respon (55)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!