DPRD: Manfaatkan Sabut Kelapa agar Bernilai Jual

  • Bagikan
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, ketika menyampaikan sudah memberikan 3 nama usulan calon Pj Bupati Seruyan kepada rekan media. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Mengingat sabut kelapa saat ini hanya sebagai limbah, jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, meminta dan mendorong dinas terkait untuk melakukan pemanfaatan melalui inovasi dan kreasi agar bernilai Jual.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menyampaikan, banyak sabut kelapa bekas pengolahan kopra masyarakat yang saat ini hanya dibuang sia-sia atau bahkan dibakar. Padahal jika dikemas melalui inovasi sangat memungkinkan dapat bermanfaat bahkan bernilai jual.

“Komoditas kelapa di wilayah ini berlimpah, seperti di Kecamatan Seruyan Hilir Timur yang sering membuat kopra, namun sabutnya hanya dibakar dan belum dimanfaatkan secara maksimal,” katanya.

Dijelaskannya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) harus mulai memanfaatkan limbah ini. Dikarenakan melihat potensi sabut kelapa yang cukup berlimpah dan sangat disayangkan tidak ada tindaklanjutnya.

“Jika limbah ini bisa dimanfaatkan salah satunya untuk kerajinan, tentu ada upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!