oleh

Dinsos Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Mantan Pasien Covid-19 di Pulpis

-Handep Hapakat-1.387 views

SKNews, Pulang Pisau : Kepedulian pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Sosial setempat kepada warga mantan pasien terdampak Covid-19 di Pulang Pisau diwujudkan dengan menyalurkan paket sembako kepada 323 jiwa para penyintas Covid-19 tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun mengatakan, Senin (6/7/2020) Dinsos bersama tim gugus tugas dan atas nama Bupati Pulang Pisau menyerahan bantuan paket bahan makanan atau sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Kami menyalurkan 323 paket sembako untuk para mantan pasien Covid-19 di Pulang Pisau,” ujar Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat, Eknamensi Tawun sesaat setelah menyerahkan bantuan kepada 48 jiwa warga di Desa Mantaren terdampak Covid-19.

Dikatakan Tawun, bantuan ini hanya diberikan khusus untuk mereka yang pernah terpapar Covid-19 dan pernah ditetapkan sebagai ODP, PDP, dan OTG, termasuk juga para penyintas Covid-19 atau pasien positif yang dinyatakan sembuh.

Penyaluran akan dilakukan tersebar ke delapan kecamatan se-Kabupaten Pulang Pisau. Karena, sesuai data tim GTPP Covid-19 Pulang Pisau, semua kecamatan tercatat memiliki pasien terdampak Covid-19.

Dia merincikan, untuk Kecamatan Kahayan Hilir akan disalurkan bantuan paket sembako ini ke 168 jiwa pasien terdampak Covid-19. Disusul Kecamatan Maliku sebanyak 59 jiwa, Kecamatan Pandih Batu 24 jiwa, Kecamatan Jabiren Raya 14 jiwa, Kecamatan Kahayan Tengah 41 jiwa, Kecamatan Banama Tingang 9 jiwa, Kecamatan Kahayan Kuala 4 jiwa, dan Kecamatan Sebangau Kuala 4 jiwa, sehingga total penerima 323 jiwa.

“Sumber dana bantuan ini berasal dari dana jaring pengaman sosial penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, senilai Rp500 ribu perjiwa terdiri dari, telur, minyak goreng, mie instan dan bahan makanan lainnya, ” ungkapnya.

Sementara Kades Mantaren II, Agus Imam Murdianto saat diwawancara media ini menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten setempat yang telah menyerahkan bantuan paket sembako ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau.

“Di desa kami ini memang sempat memasuki zona merah karena ada warga yang terkonfirmasi positif 2 orang, ODP dan OTG banyak sekali, untuk itu kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali karena ada perhatian baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat untuk membantu masyarakat pasien terdampak Covid-19 di daerah kami ini,” tukas Kades.

Ditanya soal pencegahan yang selama ini dilakukan desa, Agus Imam Murdianto mengatakan, pihak desa rutin melakukan penyemprotan disenfektan tiga kali seminggu selama berada di zona merah “Namun saat ini aktifitas penyemprotan kami kurangi menjadi seminggu sekali, khususnya di tempat umum dan sarana ibadah yang ada di desa kami,” ucapnya. asri/red

Komentar

SK News Update