Dewan Minta Pemdes Pulihkan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
Ketua DPRD Seruyan foto saat melakukan sidang paripurna, digunakan sebagai keterangan foto nara sumber dakan pemberitaan ini. Foto :: Koleksi.

SKNEWS – SERUYAN – Menurunnya sektor-sektor perekonomian masyarakat akibat pandemi covid-19 menjadi perhatian serius kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, untuk itu  pemerintah desa (Pemdes) diminta agar menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, musibah pandemi covid-19 yang melanda kurang lebih dalam dua tahun terakhir ini berhasil menyulitkan roda perekonomian masyarakat, terkhusus untuk masyarakat di wilayah pedesaan, untuk itu pemdes dihimbau agar menyisihkan sebagian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam membantu mengembangkan sektor perekonomian rakyat.

“Saya fikir saat ini sudah seharusnya untuk pemulihan ekonomi, dengan adanya program vaksinasi serentak itu harus diiringi juga dengan peningkatan ekonomi, jadi saya minta setiap program pemerintah harus mengarah pada peningkatan ekonomi, yang tak kalah penting saya imbau pemerintah desa harus menyisihkan APBDes nya untuk itu,” katanya, Jum’at, (4/3/2022).

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, paling urgen dalam program kerja pemerintah desa ialah berfokus pada pemulihan ekonomi. Melalui APBDes yang anggarannya miliaran rupiah sudah seyogyanya mampu memulihkan serta mengembangkan kembali setiap sektor ekonomi masyarakat.

“Coba kita andaikan,  satu desa memiliki anggaran dengan nilai miliaran rupiah, coba sisihkan 500 jutanya untuk program perekonomian, entah itu Home Industri masyarakat, pertanian masyarakat, perikanan, dan lain sebagainya, saya jamin akan memiliki manfaat bagi warga, dan masyarakat bisa memiliki aktivitas ekonomi,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada instansi teknis dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat, agar mengarahkan setiap pemdes yang ada di bumi gawi hatantiring ini untuk bersama-sama memprioritaskan pogram kerja yang berkonsentrasi pada peningkatan ekonomi kerakyatan. (Ehen/ Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!