Dewan Minta Infrastruktur Desa Ditingkatkan

  • Bagikan
Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bambang Yantoko, saat menyampaikan arahannya pada rapat paripurna. Foto: Said Seruyan.

SKNews, Seruyan – Infrastruktur desa merupakan salah satu aspek penting sebagai bukti kemandirian dan meningkatnya perekonomian desa, untuk itu pemerintah desa (pemdes) di dorong agar dapat mengembangkan infrastruktur di wilayahnya masing-masing.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bambang Yantoko mengatakan, Infrastruktur yang baik pada suatu desa menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya perekonomian warga. Infrastruktur yang dapat dibangun oleh pemdes sangat beragam, misalnya pembangunan irigasi sawah, pengadaan drainase, pengembangan jaringan internet, telekomunikasi, dan lainnya.

“Pembangunan dan peningkatan infrastruktur agar menjadi perhatian para kepala desa, karena berhubungan dengan kegiatan dan aktivitas masyarakat secara langsung,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sangat perlu dilakukan karena saat ini fasilitas sarana dan prasarana utama yang ada di desa masih minim dan belum memadai, sehingga dengan keterbatasan tersebut menjadi penyebab desa sulit berkembang.

“Daerah ini kebanyakan desanya berada di wilayah pertanian dan perikanan yang sebagian besar warganya bekerja sebagai petani dan nelayan. Jika akses jalan untuk mobilisasi ke hulu dan ke hilir tidak tersedia, petani akan sulit menjual hasil panennya,” ujarnya.

Untuk itu, pemdes agar lebih inovatif dan kreatif untuk mengembangkan infrastruktur desanya, yang diyakininya akan berdampak baik untuk kemajuan ekonomi kerakyatan. “Dana Desa (DD) miliaran rupiah itu bukan tidak mungkin jika digunakan untuk pengembangan infrastruktur pedesaan walaupun sedikit demi sedikit secara bertahap,” tutupnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!