Dewan: Kami Siap Mendukung Pengadaan Alsintan

  • Bagikan
Aktivitas petani saat menggunakan handtraktor untuk menggarap dan mengolah lahan pertanian, di Kecamatan Seruyan Hilir. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mendukung penuh wacana dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat, untuk melakukan penambahan unit alat mesin dan pertanian (alsintan).

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, adanya wacana penambahan alsintan dari dinas terkait ini, tentunya dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya para petani dalam menggarap lahannya.

“Memang melihat jumlah alsintan saat ini khususnya handtraktor dan combine masih sangat kurang dibanding keperluan masyarakat, tentu kami akan membantu dari segi anggaran apabila DKPP di tahun 2024 mendatang,” katanya.

Menurutnya, sebelum melakukan pengadaan DKPP harus membuat aturan atau regulasi yang jelas terkait dengan sirkulasi sistem sewa atau pinjam pakai alsintan. Sehingga ketika sudah dilakukan pengadaan tidak ada lagi petani yang mengeluhkan tidak mendapat bagian menyewa.

“Saat ini sirkulasi sistem sewa alsintan masih menggunakan peraturan bupati (perbup), dan kami mendorong instansi terkait untuk mengajukan draf peraturan daerah (perda) biar aturan lebih jelas,” tambahnya.

Politisi PDIP ini berharap, jika semua administrasi, aturan, dan regulasinya dari awal sudah jelas dari instansi terkait, maka sirkulasi sistem sewa alsintan ini akan bermanfaat secara menyeluruh bagi masyarakat. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!