oleh

Daya Dukung Perikanan untuk Sukseskan Program Food Estate di Kalimantan Tengah

Suarakahayannews.com, PULANG PISAU – Kementerian PUPR direktorat jendral sumberdaya air satuan kerja wilayah Kalimantan 2 melakukan kegiatan sebagai dukungan sukseskan program ketahanan pangan nasional food estate dibidang perikanan.

 

Untuk dukungan program food estate di wilayah kecamatan Kahayan Kuala pihaknya mengarah untuk kegiatan di desa Bahaur sei Pudak seluas 4.911 hektar sedangkan di desa Kiapak sebesar 2.027 hektar.

Sementara itu di wilayah Sei Bakau Hambawang mendapat program seluas 1879 hektar dalam bentuk saluran irigasi tambak termasuk untuk wilayah Cemantan terdapat 2.467 hektar Masuk program jaringan irigsi rawa wilayah kerja Block C Bahaur.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulang Pisau, Ridwan Syahrani menyebut bahwa semua program direalisasikan di tahun 2021 dan saat ini kegiatan telah dilakukan pelaksanaan dilapangan sehingga daya dukung untuk program food estate akan lebih berdampak positif untuk masyarakat dalam pemulihan ekonomi masyarakat terutama pasca masa pandemi yang sangat berdampak untuk masyarakat dalam skala luas.

” Kami di daerah ini sifatnya hanya menerima kegiatan dimana proses dari awal juga dilakukan masyarakat desa sendiri melalui rapat kerja ditingkat provinsi sehingga saat pelaksanaan kegiatan kita hanya memegang daftar alokasi kegiatan yang masuk untuk wilayah Pulang Pisau,” kata Ridwan saat berbincang dengan media ini.

Menurutnya secara umum banyak kegiatan masuk dari kementerian Perikanan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional walaupun dinas sifatnya hanya menerima laporan namun setidaknya program yang masuk akan bermanfaat bagi masyarakat sehingga apa yang menjadi target percepatan pembangunan di wilayah Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah pada umumnya segera terwujud.

Syahrani menyebut bahwa tahun 2021 ini pihaknya juga melakukan beberapa kegiatan dengan menggunakan anggaran daerah yakni melalui APBD pihaknya mendapatkan alokasi anggaran lebih kurang 2 Milyard dan nilai tersebut tentu tidak mampu untuk melakukan kegiatan berdasar usulan masyarakat secara umum dan kehadiran food estate dengan program anggaran kementerian yang masuk telah banyak membantu keinginan masyarakat dibidang perikanan. ( sr/red )

Wartawan Suara Kahayan NEWS selalu dibekali dengan Kartu PERS serta terdaftar di box Redaksi. admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update