Buka Wawasan Penipuan dengan Edukasi Data Cyber

  • Bagikan
Ketua DPD KNPI Seruyan, Zulkifli Khaidir (berdiri) ketika menyampaikan sambutan pada saat pembukaan edukasi data cyber bagi kalangan pemuda dan pelajar setempat. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KONI) Kabupaten Seruyan menggelar edukasi data cyber, dalam upaya membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat terhadap maraknya kasus penipuan melalui daring.

Asisten 2 Sekretaris Daerah Seruyan, Adhian Noor mengatakan, kegiatan edukasi data cyber memberikan banyak manfaat bagi generasi muda terutama para pelajar, agar data pribadi yang bersangkutan saat menggunakan aplikasi dapat terlindungi dengan baik dan aman, serta tidak mudah diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Karena saat ini banyak tindak kejahatan yang dilakukan melalui aplikasi dengan berbagai modus yang diterapkan, tentu upaya ini sangat baik dan memberikan efek yang positif,” katanya, Minggu, (27/8/23).

Dijelaskannya, edukasi data cyber menjadi salah satu inovasi yang dilakukan, agar masyarakat khususnya kalangan pemuda termasuk pelajar tidak mudah tertipu dengan maraknya kasus penipuan akhir-akhir ini, baik dari undangan melalui whatsapp maupun situs daring lainnya.

“Melalui kegiatan ini para pelajar mendapatkan pemahaman dan edukasi data cyber, yang tentunya dapat kembali disosialisasikan dan diinformasikan secara luas,” harapnya.

Sementara Itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Seruyan, Zulkifli Khaidir mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting dilakukan pada tingkat usia sekolah menengah atas sederajat. Mengingat pasca berlangsugnnya pandemi covid-19 banyak aktivitas proses pembelajaran yang dilakukan melalui daring.

“Perlu dilakukan perlindungan dan antisipasi sejak dini, agar data yang bersifat penting tidak mudah diretas oleh orang lain, bahkan data pengguna media sosial bisa terjaga dan tidak disalahgunakan oleh orang lain,” tutupnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!