Besarnya Api Tak Menyurutkan Tim Gabungan Padamkan Karhutla

upaya pemadaman terus diupayakan untuk mencegah kebakaran makin meluas dan mengantisipasi kabut asap memasuki permukiman warga. Foto : Epta SKNEWS.

SKNEWS, Pangkalan Bun – Berbekal alat seadanya, Anggota Koramil 1014 – 02/Kumai bersama Tim Penanggulanagan Karhutla terpadu Kabupaten Kobar dan masyarakat menyusuri gelapnya malam untuk menuju titik api yang membakar lahan kosong di Desa Keraya Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat.

Danramil 1014 – 02/Kumai Kapten Arm Ahmad Zubaidi mengatakan, anggotanya dan Tim Penanggulangan Karhutla Terpadu Kab. Kobar dan masyarakat, berjibaku melakukan pemadaman api di lahan kosong yang merupakan lahan safana dan gambut.

Menurut Danramil, dalam upaya pemadaman karhutla petugas terkendala dengan keadaan yang mulai gelap karena memang kebakaran terjadi saat sore hari. Selain itu, angin kencang, asap tebal dan lokasi yang jauh serta sulitnya akses air juga menghambat proses pemadaman.

Meski begitu, kata Danramil, upaya pemadaman terus diupayakan untuk mencegah kebakaran makin meluas dan mengantisipasi kabut asap memasuki permukiman warga.

“Kami upayakan untuk menyekat kepala api agar tidak meluas ke lahan yang belum terbakar dan Alhamdulillah api dapat kami kendalikan walaupun tak sepenuhnya padam dikaeranakan sulitnya medan untuk menggapai titik api, ” Pungkasnya.

Dirinya berharap agar warga ikut aktif untuk mencegah terjadinya Karhutla dengan cara tidak sembarangan menyalakan api untuk membuka lahan. *.*

Respon (38)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!