Batamad itu Lembaga Tempat Bernaung Ormas Dayak

  • Bagikan
Proses Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Batamad Pulang Pisau oleh panglima batamad Provinsi Kalteng, Kamis. 16/12/2021 Foto : Aditya
SK NEWS, PULANG PISAU – Organisasi Lembaga Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak [ BATAMAD ] secara resmi dilantik dan dikukuhkan langsung oleh ketua panglima batamad provinsi Kalimantan Tengah.

Proses pelantikan sendiri di awali dengan upacara adat dayak potong pantan di pintu masuk aula bappedalitbang Pulang Pisau, sementara seluruh rombongan batamad provinsi disambut juga dengan tarian selamat datang dari sanggar bukit kahias.

Panglima batamad provinsi Kalimantan Tengah dan rombomgan hadir lebih awal dari jadwal yang ditentukan, ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan daya dorong batamad Pulang Pisau sebagai kabupaten ke 11 yang dilakukan pelantikan akan dapat berperan lebih semangat untuk menjalankan roda organisasi.

Yuandrias sebagai panglima batamad Kalteng usai pelantikan menyampaikan bahwa batamad adalah lembaga adat dayak yang menaungi seluruh organisasi masyarakat dayak yang ada selama ini sedangkan pesan yang terkandung didalamnya agar masyarakat dayak akan lebih kreatif dalam memberikan pengayoman ditanah sendiri.

“ Batamad hadir sebagai wadah seluruh organisasi masyarakat Dayak. Silahkan organisasi tumbuh dan berkembang namun semua kegiatan diharapkan dapat memberikan perlindungan seluruh komponen masyarakat Kalimantan Tengah, kita ada strategi untuk melakukan kegiatan perlindungan dalam upaya turut andil dalam membangun bumi Kalimantan Tengah,” kata Yuandrrias dihadapan ratusan kader batamad Pulang Pisau yang hadir.

Demikian juga dengan komandan brigadir batamad yang baru dilantik, Andrianto sangan kepada media menyampaikan bahwa batamad yang selama ini vacum akan digiatkan lagi dalam rangka memaksimalkan roda organisasi adat dayat di piulang pisau hingga ke tingkat desa sedangkan untuk memulai hal tersebut tahun 2022 menjadi awal pergerakan batamad pulang pisau bersama seluruh jajaran pengurus dan anggota yang baru dilantik.

“ Kami menyadari bahwa selama bertahun – tahun batamad Pulang Pisau vacuum namun dengan pelantikan ini kami akan Kembali menggerakkan roda Lembaga masyarakat adat hingga kedesa – desa harapan kita apa yang menjadi arahan panglima akan dapat kami sosialisasikan ke masyarakat hingga jejang yang paling bawah.” Ucap Andrianto. [ Aditya / red ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!