BALLITRA Kawal Perkembangan Petani di Lokasi Food Estate

SKNEWS, PULANG PISAU – Kehadiran Badan Penelitihan Lahan Rawa ( [ BALLITRA ] Banjarbaru untuk petani diwilayah food estate telah dapat membuktikan suksesnya petani dalam hasil panen.

Belum lama ini petani dilokasi food estate Pulang Pisau melaksanakan panen perdana hasil demplot 25 hektar lahan baru food estate, keberhasilan petani tidak terlepas dari hadirnya BALLITRA wilayah Kalimantan yang berkantor di Banjarbaru.

Pola pertanian yang diajarkan serta dipantau tim telah dapat memberikan nilai tambah bagi petani bahkan hasil panen dapat melebihi dari hasil sebelum dilakukan pembinaan.

Selain kehadiran BALLITRA Banjarbaru, para petani di wilayah food estate juga mendapat fasilitas lengkap dari kementerian pertanian mulai dari bibit hingga peralatan pertanian ini menjadikan petani semakin bergairah.

Agus Hasbianto selaku kepala BALLITRA mengatakan bahwa petani dilokasi baru masih mendapatkan faslitas terbatas namun sejalan dengan kemampuan petani akan terus ditingkatkan dalam penguasaan menjadi petani modern.

“ Petani didesa Mulyasari yang kami lakukan pembinaan dalam 25 hektar demplot terlihat sangat antusias dalam pengembangan padi jenid hibrida sehingga ini adalah awal baik untuk menuju petani modern dengan pola tanam 2 hingga 3 kali dalam setahun namun saat ini kami masih memberikan peralatan yang sederhana dan nantinya seiring berjalannya waktu akan terus kita tingkatkan dan yang paling penting bagi petani adalah penguasaan kemampuan dahulu baru yang lain mengikuti,” kata Agus saat berasa di lokasi perluasan food estate desa Mulyasari.

Menurut Agus bahwa jenis padi hibrida kini sangat memberikan hasil maksimal bagi petani dengan terus memaksimalkan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengolah lahan termasuk merubah pola tanam guna meningkatkan hasil yang lebih maksimal lagi dengan 2 x panen dalam setahun.*.*

Respon (33)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!