Hilal Tak Terlihat di Pelabuhan Teluk Segintung

  • Bagikan

SKNews, Seruyan – Hujan Deras yang mengguyur Kota Kuala Pembuang dan sekitarnya, tidak menyurutkan semangat tim Badan Hisab Rukyat (BHR) bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk menyelenggarakan rukyatul hilal di Pelabuhan Teluk Segintung.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalteng, Noor Fahmi menyampaikan, bahwa sidang isbat penentuan awal Zulhijah 1443H menunggu hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia, yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam, serta instansi lain.

“Saat ini pihaknya bersama rombongan melaksnakan pemantauan rukyatul hilal di Pelabuhan Teluk Segintung, di mana hal tersebut juga merupakan tindaklanjut dari intruksi kemenag pusat,” katanya.

Pemantauan rukyatul hilal tersebut dengan ketinggian 10 meter, matahari terbenam 17.31 Wib, hilal terbenam 17.42 Wib, Azimut matahari 293 Derajat 12′, Azimut Bulan 297 Derajat 6′ dengan keadaan hilal : tinggi hilal hakiki 2 derajat 12′, posisi hilal mar’ei 4 derajat 40,33′ lama hilal di atas ufuq 0 jam 11 menit, letak dan posisi hilal 4 derajat 6′ utara matahari.

“Dari hasil pemantauan  di Pelabuhan Teluk Segintung, hilal tidak teramati dengan baik karena terkendala cuaca yang kurang bersahabat,” ujarnya.

Dijelaskannya, sidang isbat awal Zulhijah 1443H nantinya digelar di Auditorium H.M. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta, akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Turut hadir pemantauan rukyatul hilal awal Zulhijah 1443H tersebut Kabid Bimas Islam H. Ardiansyah,  Kasi Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag Kalteng H. Fahruddin, Kepala Kemenag Seruyan H. Anang Rusli, Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, dan Ormas-ormas Islam. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!