oleh

Waspada, OTG di Pulang Pisau Terus Meningkat

-Advetorial-224 views

SKNews – Pulang Pisau : Jumlah kasus orang tanpa gejala (OTG) di Pulang Pisau terus meningkat pasca ditetapkannya beberapa orang positif Covid-19. Dalam 2 hari sejak Jumat-Sabtu 12-13 Juni 2020, jumlah OTG bertambah hingga 25 orang sehingga total OTG di Pulang Pisau mencapai 68 orang.

Untuk hari ini saja, update data GTPP Covid-19 pulang pisau mencatat 13 orang penambahan OTG , terdiri dari Kecamatan Kahayan Tengah 11 orang yakni di Desa Tanjung Sangalang 2 orang, Desa Bukit Rawi 9 orang, dan dari Kecamatan Kahayan Hilir 2 orang, Desa Buntoi 1 orang dan Kelurahan Pulang Pisau 1 orang.

Sebelumnya, pada Jumat 12 Juni 2020, terjadi penambahan OTG sebanyak 12 orang, semuanya berasal dari Desa Sangalang, Kecamatan Kahayan Tengah.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo menyampaikan update terbaru perkembangan Covid-19 di Pulang Pisau tersebut via WhatsApp, Sabtu (13/62020).

“Dari 13 orang penambahan OTG hari ini, terdapat 2 OTG asal Kecamatan Kahayan Hilir yaitu dari Desa Buntoi dan Kelurahan Pulang Pisau, mereka adalah OTG yang pernah kontak dengan pasien positif 10 di Pulang Pisau,” beber Muliyanto.

Muliyanto juga menjelaskan apa itu OTG atau orang tanpa gejala. OTG adalah seseorang yang tidak ada gejala tapi memiliki risiko tertular covid-19, karena dia pernah ada kontak erat dengan kasus konfirmasi Covid-19.

“Kontak erat dimaksud, adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung dalam radius 1 meter dengan kasus PDP atau positif Covid-19 dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala,” terang Mul.

Selain bertambahnya jumlah OTG, pasien dalam pengawasan (PDP) di Pulang Pisau juga mengalami kenaikan sebanyak 3 orang. Antara lain 1 orang Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, 1 orang dari Desa Anjir Pulang Pisau, dan 1 orang dari Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

Sementara total pasien positif di Pulang Pisau kini berjumlah 12 orang, 5 diantaranya sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. Sisanya sebanyak 6 orang sedang menjalani perawatan, 3 orang di RSUD Pulang Pisau dan 3 orang lagi di RSUD Palangka Raya. asri/red

Komentar

SK News Update