oleh

Wamenhan RI Optimis Pulang Pisau Siap Menjadi Pusat Ketahanan Pangan Nasional

SKNews, Pulang Pisau – Wakil Menteri Pertahanan RI, Ir. Sakti Wahyu Trenggono optimis, Desa Belanti Siam dan Gadabung, Kabupaten Pulang Pisau telah siap menjadi pusat ketahanan pangan nasional dan kawasan pengembangan Food Estate.

Sebab menurutnya, lahan pertanian eks PLG dan lahan yang sudah eksisting di dua desa itu sangat berpotensi dan menjanjikan untuk pengembangan indutsri pertanian padi moderen menuju daerah lumbung pangan nasional.

Hal tersebut diungkapkannya saat berkunjung ke lokasi pencanangan lumbung pangan nasional di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten pulang Pisau, Rabu (1/7/2020).

Dia mengharapkan ke depan, hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan Food Estate dapat berjalan dengan baik serta terkoordinasi secara tepat.

“Lahan pertanian eks PLG dan lahan yang sudah eksisting di daerah Desa Belanti dan Gadabung ini sudah sangat siap dan menjanjikan menjadi daerah ketahanan pangan nasional, kita harapkan kedepan hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan dan pengembangan Food Estate dapat berjalan dengan baik dan terkoordinasi secara tepat,” ujar Wamenhan.

Wamenhan juga mengatakan dia telah melihat langsung dan merasa bangga karena kondisi di lapangan jauh lebih baik dari data yang dimiliki.

Sehingga, lanjutnya dirinya optimis bahwa dalam waktu dekat koordinasi antara kementerian untuk mendapatkan data yang valid dalam rangka mempersiapkan kedatangan presiden di lokasi ketahanan pangan nasional ini

Dalam kunjungannya tersebut, Wamenhan didampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong menyempatkan diri meninjau sarana pertanian berupa saluran irigasi dan persawahan di desa tersebut.

Sementara Bupati Pulang Pisau menyambut kedatangan Wamenhan dan Wamen LHK dan mengucapkan terima kasih atas segala perhatian pemerintah pusat kepada Kabupaten Pulang Pisau yang ditunjuk sebagai salah satu daerah pusat ketahanan pangan nasional.

Edy berharap dengan kedatangan para Menteri sebelumnya dan Wamen saat ini dapat memberikan semangat kepada masyarakat di Kecamatan Pandih Batu khususnya Desa Belanti Siam dan Gadabung dalam menyukseskan Pulang Pisau sebagai lumbung padi dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional meski dengan situasi pandemi saat ini.

Sebagaimana diketahui, kedua wakil menteri tersebut berkunjung ke Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau untuk meninjau langsung lokasi ketahanan pangan nasional dan Food Estate.

Kedatangan keduanya juga ditengarai untuk mempersiapkan kedatangan Presiden RI Ir Joko Widodo ke lokasi tersebut guna mencanangkan secara langsung program lumbung pangan nasional dan Food Estate di dua kabupaten, yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. asri/red

Komentar

SK News Update