Stabilkan Ketersediaan Pangan Nasional , Kementan Gelar Pasar Mitra Tani

  • Bagikan
Bupati Pulang Pisau dan Direktur Perbenihan Hortikultura Kementan, Dr. Inti Pertiwi Nashwari, S.P., M.Si. beserta undangan lainnya saat meninjau pasar mitra tani dihalaman stadion HM. Sanusi Pulang Pisau. Foto : Aditya.

SK News, PULANG PISAU – Kementerian Pertanian RI merespon cepat atas kondisi pangan nasional yang kurang stabil akibat kelangkaan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat seperti minyak Goreng yang juga menjadi isu nasional yang mengalami kelangkaan dan tingginya harga dipasaran.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar bazar pangan murah di wilayah Kalimantan Tengah, upaya dimaksud dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat untuk tidak terjadi kelangkaan serta tingginya harga sehingga dengan menggandeng pemerintah daerah setempat dan TNI serta polri dimungkinkan pangan nasional dalam kondisi stabil tersedia dengan cukup.

Penanggung Jawab Ketersediaan Bahan Pangan Kementan untuk Provinsi Kalteng Inti Pertiwi Nashwari mengatakan sesuai instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa kegiatan bazar pangan murah untuk upaya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di setiap wilayah yang menjadi sasaran kegiatan.

“ Kami sudah melakukan kegiatan dibeberapa kabupaten seperti Palangkaraya, Sampit dan hari ini di Pulang Pisau, sebagaimana perintah bapak menteri tentu kita melihat langsung kondisi pangan di masing – masing daerah untuk dapat dipastikan aman, terjangkau dan berkualitas,” kata Inti Pertiwi.

Dalam kegiatan pasar mitra tani di wilayah Pulang Pisau kegiatan terfokus di halaman stadion HM. Sanusi dengan bekerjasama dengan pihak Bulog, TNI dan Polri serta didukung penuh oleh pemerintah daerah Pulang Pisau dengan hadir secara langsung bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang beserta unsur terkait lainnya sebagaimana penyediaan barang kebutuhan masyarakat sehari – hari mendapat respon masyarakat dengan menyerbu 10 jenis bahan pangan pokok seperti barang kebutuhan sehari – hari mulai dari bumbu dapur, daging,beras, minyak goreng dan lainnya.

“ Kami hari ini menyediakan 10 jenis bahan pangan mulai dari bumbu dapur, beras, telur, daging, minyak goreng dan lainnya ini kami lakukan guna terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat dibulan ramadan dan jelang Idul Fitri 1443 hijriah dimana sebelumnya harga pangan nasional mengalami gejolak akibat kebijakan harga minyak goreng yang melambung tinggi,” ucapnya.

Antusias Masyarakat pada kegiatan ini cukup mendapat apresiasi dari undangan yang hadir, bahkan sebagian stock yang tersedia ludes diserbu pembeli terutama pada daging beku.

Selaku penanggung jawab ketersediaan pangan kementan wilayah Kalteng, Inti Pertiwi Nashwari juga mengunjungi salah satu pasar tradisional harian Patanak, dalam kunjungan tersebut pihaknya menyempatkan diri dialog dengan beberapa pedagang atas kondisi serta ketersediaan kebutuhan bahan pangan sehari-hari namun seperti terlihat bahwa ketersediaan pangan secara umum dalam kondisi aman.

Sementara itu Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang juga sangat mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi kementerian pertanian guna turut menstabilkan harga pokok kebutuhan masyarakat dan kegiatan tersebut diharapkan dapat digelar tidak saja pada saat ini namun diberbagai hari – hari besar juga dilakukan kementan untuk memberikan pengendalian harga kebutuhan pokok masyarakat.

” Saya hari ini melihat langsung pasar mitra tani yang di inisiasi kementerian pertanian, tentu ini merupakan langkah baik dalam menekan tingginya harga di tingkat pasar namun demikian kehadiran kementan juga diharapkan dapat hadir dalam hari – besar lainnya,” kata Taty Narang.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!