Sikapi Ajakan Presiden RI, Bupati Himbau Cintai Produk Lokal dalam Upaya Pemulian Ekonomi

  • Bagikan
Inilah kegiatan bupati saat berada di Denpasar Bali guna menghadiri undangan Presiden RI. Foto : Kominfostandi

SKNews, Pulang Pisau – Secara khusus Bupati Pudjirustaty Narang menghadiri agenda pertemuan bersama Presiden RI, Jokowidodo di Denpasar Bali, kehadiran bupati juga bersamaan dengan para pemimpin daerah lainnya di Indonesia.

Bupati secara khusus menghadiri undangan presiden, Jumat (25/3/2022) terkait dengan Rapat Koordinasi Nasional Gerakan bangga Buatan Indonesia melalui Afirmasi Peningkatan Penggunaan produk dalam Negeri.

Jika dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, agar pihak Kementerian, Pemda dan BUMN dapat memprioritaskan pembelian atau penggunaan produk dalam negeri hal tersebut diharapkan agar setiap daerah lebih banyak membeli atau menggunakan produk dalam negeri.

Kata Presiden bahwa diminta 40 persen dari anggaran pengadaan barang dan jasa yang ada di masing-masing lembaga atau institusi se-Indonesia dapat digunakan untuk membeli produk UMKM dalam negeri sebab menurut Presiden memperbanyak impor akan menguntungkan negara lain sehingga hanya dengan memberi produk lokal UMKM baka negara Indonesia akan lebih diuntungkan.

Disebutkan Presiden bahwa saat ini anggaran pengadaan barang dan jasa di pemerintah pusat mencapai Rp 526 triliun anggaran di daerah Rp 535 triliun dan BUMN mencapai 420 triliun dan jika anggaran tersebut digunakan 40 persen untuk membeli produk lokal hasil UMKM, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kalkulasi 1,71 persen.

Lalu bagaimana komentar bupati Pulang Pisau yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut, tentu sebagai kepala daerah dirinya juga sangat mendukung program presiden tersebut dengan memaksimalkan beralih untuk membeli produk lokal.

” Khusus bagi kami Pemkab Pulang Pisau tentu sangat mendukung arahan dan instruksi Bapak Presiden Jokowi perihal ini. Karena, selain wujud cinta tanah air yang secara tidak langsung mengedepankan kearifan lokal juga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat di daerah,” kata Bupati.

Disebutkan bahwa sudah sepatutnya sebagai anak bangsa berbangga dapat memanfaatkan produk dalam negeri, khususnya yang dihasilkan oleh para pengrajin-pengrajin UMKM lokal, karena cinta produk dalam negeri berarti cinta terhadap bangsa dan negara.

“Cinta terhadap bangsa dan negara, bisa diwujudkan melalui hal sederhana salah satunya menggunakan produk lokal yang ada di sekitar kita, karena hal tersebut dapat sangat membantu para pelaku usaha UMKM,” tutur Bupati Pulang Pisau.

Sementara itu pemkab Pulang Pisau sendiri akan terus mendorong masyarakat terutama bagi kaum milenial, untuk cinta produk dalam negeri sebab kaum milenial atau generasi muda ini memiliki peran besar dalam menentukan nasib bangsa dan negara ke depan.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!