oleh

Siaga Darurat Banjir untuk Bukit Rawi dan Banama Tingang

SK NEWS, PULANG PISAU – Banjir yang melanda Kalimantan Tengah menjadikan 2 wilayah Pulang Pisau ikut mengalami dampak kenaikan debit air sehingga pemerintah memandang perlu segera menetapkan status menjadi siaga darurat banjir untuk kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang.

Salahudin selaku kepala BPBD Pulang Pisau menyebutkan bahwa terdapat satu desa yang mengalami kenaikan debit air untuk wilayah Kahayan Tengah yakni desa Penda Barania dan untuk Banama Tingang sedikitnya terdapat 5 desa dan guna antisipasi pihak BPBD telah menerjunkan tim kedua wilayah tersebut selama 14 hari kedepan.

Dikatakannya pula bahwa dampak banjir tahunan tersebut belum masuk kategori dampak yang besar bagi masyarakatnya namun demikian pemerintah akan tetap melakukan pemantauan agar jika dipandang perlu tentunya akan segera dilakukan tindakan lebih lanjut.

“ Kami sudah mendapatkan intruksi dari Bupati Pulang Pisau melalui bapak sekda agar segera mengambil Tindakan untuk 2 wilayah kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang untuk siaga Darurat banjir kemudian melakukan pemantauan tim lapangan serta akan menyiapkan pasokan bahan makan apabila dalam 7 hingga 10 hari masyarakat di beberapa desa terdampak banjir terganggu aktifitasnya,” kata Salahudin.

Menurutnya jika dalam 7 hingga 10 hari ke depan masyarakat tetap dalam kondisi banjir dan terganggu aktifitas kegiatannya maka pemerintah telah menyediakan bantuan pangan sebagai tindak lanjut dalam penanganan dampak siaga darurat yang diberlakukan. ( suratman/red )

 

Komentar

SK News Update