Seruyan Mulai Menuju Indonesia Satu Data Terintegrasi

  • Bagikan
Bundaran II Kota Kuala Pembuang. Pemda Seruyan saat ini mulai menerapkan kebijakan menuju Indonesia satu data sebagai mana yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Foto: Said SK_News.
Kadiskominfosandi Seruyan, dr Reson Rusdianto.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan mulai menuju Indonesia satu data terintegrasi secara menyeluruh, dimana saat ini dipastikan 5 wilayah kecamatan sudah terintegrasi menjadi satu jaringan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosandi) Seruyan, dr Reson Rusdianto menyebut, dalam kurun waktu 2 bulan terakhir jaringan internet di wilayah setempat terus ditingkatkan. Hal ini dalam rangka mendukung jalannya amanat pemerintah pusat dan peraturan presiden (Perpres) untuk menerapkan jaringan terintegrasi menuju satu data.

“Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada hampir terintegrasi menuju satu data. Dari 10 kecamatan yang tersebar baru 5 kecamatan yang sudah terhubung dan terintergrasi,” katanya, Rabu, (24/4/24).

Reson menjelaskan, wilayah yang sudah terintegrasi yakni Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Danau Seluluk, Seruyan Raya, dan Hanau. Untuk 5 kecamatan lainnnya akan dilakukan penyesuaian mengingat masih terdapat sejumlah kendala yang harus diselesaikan.

“5 kecamatan tengah ke hulu ini menjadi tantangan ke depannya, karena jauhnya jangkaun dan memerlukan biaya yang sangat besar jika harus dipaksanakan,” ungkapnya.

Diharapkan, kebijakan menuju satu data ini dapat dimaksimalkan secara menyeluruh, karena dapat menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi maupun digunakan antar instansi. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!