Serapan Anggaran Rendah, Diskusi Panjang Mengungkap hal Penting Percepatan

Rapat Koordinasi Pembangunan Triwulan III tahun 2022 membahas tentang capaian penyerapan anggaran berjalan yang masih belum maksimal. Foto : Aditya.
SKNEWS, PULANG PISAU – Salah satu poin penting dalam mengukur realisasi pelaksaan  pembangunan adalah dengan menggelar rakordal berkala, Rakordal triwulan III dibuka langsung oleh sekda Pulang Pisau, Toni Harisinta.

Disampaikan bahwa penyerapan anggaran pada tri wulan III tahun 2022 masih berjalan stagnan, ini dipicu oleh beberapa faktor yang terjadi akibat adanya perubahan kebijakan menyesuaikan program pemerintah pusat, mulai dari kenaikan BBM hingga terjadinya inflasi secara menyeluruh.

Jika pada triwulan II tahun anggaran 2022 penyerapan anggaran menempati angka 50 persen namun pada triwulan ke tiga angka kenaikan tidak signifikan yakni hanya pada kisaran 52 persen padahal target yang harus dicapai adalah 80 persen.

Pelaksaan rakordal pada tri wulan III tersebut dibuka secara resmi oleh sekda pulang pisau, Toni Harisinta dengan agenda arahan memaksimalkan daya serap anggaran di triwulan terakhir tahun anggaran 2022.

“ Atas nama bupati Pulang Pisau, saya nyatakan RAKORDAL triwulan III tahun 2022 secara resmi dibuka, “ ucap sekda seraya mengetuk palu 3 x pertanda kegiatan dibuka.

Dalam sambutan bupati secara garis besar disampaikan bahwa OPD diwajibkan untuk melakukan percepatan serapan anggaran dan jika ada kendala agar dilakukan diskusi sementara untuk memaksimalkan serapan diperlukan upaya yang sungguh – sungguh untuk terus melakukan perbaikan.

Sementara Juman selaku kepala bappeda dalam paparan juga menegaskan bahwa saat ini target penyerapan anggaran 80 persen belum tercapai sehingga diskusi panjang dalam kegiatan ini harus menghasilkan poin penting dalam memaksimalkan capaian serapan anggaran.

“ Kita melihat capaian serapan anggaran masih jauh dari target yakni kisaran 52 persen dari 80 persen yang kita targetkan, ini dipicu oleh beberapa faktor namun demikian diyakini serapan akan maksimal masuki triwulan 4 ini,” ucap Juman sambil melihat slide tayangan dalam paparan.

Banyak hal yang terungkap dalam sesi dialog, masing-masing opd menyampaikan paparan namun demikian secara umum pemkab pulang pisau siap untuk mencapai target serapan anggaran sebab seluruh pekerjaan sudah dalam masa penyelesaian dilapangan.*.*

Respon (63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!