oleh

Sayembara Motif Desain Batik utamakan Filosofi

Pulang Pisau -SK News- Sayembara desain Motif Batik Khas Pulang Pisau Tahun 2020 yang dimenagkan Agerson sebagai juara I, Kamis (13/02/2020) sebagai Kateguri Umum ternyata dari hasil karya seninya yang mempunyai filosofi menarik.

Agerson mengatakan, dari desain motif batik miliknya, memiliki filosofi yakni lilis lamiang berderet 7 (tujuh) buah yang dipercaya membawa petuah atau keberuntungan. selain itu kata Agersun mewakili keyakinan dalam acara adat Manenung / Sangen / Sangiang, yakni , “Putir Santang Bawi Sintung Uju” yang diyakini bertempat tinggal di lewu tasik baragantung langit (Rahan Dare) atau khayangan sebagai Dewi-Dewi atau para Malaikat Tuhan yang sering kali dimintai petunjuk.

” Selain itu Desain saya mewakili cerita rakyat Pulang Pisau yaitu Cerita Bawi Jahawen, dan Putir Busu yang pintar cerdas dan cantik, dambaan semua wanita, idaman semua lelaki,” beber Agerson menjelaskan karya desain batik miliknya.

Agerson jelaskan pula, Desain batik miliknya mewakili pula, salah satu cinderamata khas Kalimantan yaitu anyaman rotan, mandau, talawang dan batu mulia, manas, lilis lamiang, yang juga dipakai Presiden RI Joko Widodo ketika berkunjung ke Pulau Kalimantan.

” Jawet uwei juga merupakan kerajinan khas masyarakat Pulang Pisau,” terangnya.

Lanjut Agerson, di desain itu juga ada salundik kambang henda dan henda itu adalah sayuran, bumbu dapur, obat herbal, media adat yang sering digunakan masyarakat dayak dalam kehidupan sehari-hari.

” Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, dan telah memilih, dan mempercayakan hasil karya desain batik khas pulang pisau. Ini juga menjadi suatu kebanggan bagi saya untuk Bumi Handep Hapakat,” tutupnya. / DRT

Komentar

SK News Update