Saat Bupati dan Forkomimda berkunjung ke Bahaur

  • Bagikan

SKNEWS, KAHAYAN KUALA – Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi, S.H., M.H., bersama Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dan Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Kalimantan Tengah Buang Turasno, ATD, M.T. beserta Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Kab. Pulang Pisau dan Ketua Komisi III DPRD, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabag Perencanaan Polres Pulang Pisau (mewakili Kapolres), mengadakan kunjungan kerja ke Kecamatan Kahayan Kuala, Selasa (04/01/2022).

Rombongan kunjungan kerja tersebut berangkat dari Kantor Bupati untuk bersama-sama menuju ke Pelabuhan Bahaur via jalur darat. Peninjauan pelabuhan ini dilakukan untuk melihat langsung lokasi lahan yang akan dihibahkan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau kepada Kementerian Perhubungan.

Sebagaimana yang diketahui selama ini lahan pelabuhan masih tercatat sebagai aset Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, sehingga Kementerian Perhubungan mengalami kendala untuk melakukan pengembangan dan pembangunan menjadi multipurpose port karena Pelabuhan Bahaur lahannya masih merupakan asset Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Dalam peninjauan lokasi tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala BPTD Wilayah XVI Kalimantan Tengah dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang menyampaikan bahwa hibah lahan untuk lokasi pembangunan Pelabuhan Bahaur merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk mendukung Pelabuhan Bahaur menjadi pelabuhan multipurpose port. “Kami berharap dengan adanya hibah lahan ini, Kementerian Perhubungan dapat segera melakukan pembangunan segera. Sehingga Pelabuhan Bahaur dapat segera menjadi multipurpose port dan jadi pintu gerbang roda perekonomian di Kalimantan Tengah,” Kata Pudjirustaty Narang.

Senada dengan Bupati Pulang Pisau, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau mendukung penuh hibah lahan pembangunan Pelabuhan Bahaur kepada Kementerian Perhubungan. “Agar nantinya Pelabuhan Bahaur dapat menjadi pintu masuk barang dan penumpang yang cukup besar di Kalimantan Tengah, maka pelabuhan harus dikembangkan menjadi multipurpose port. Hal ini akan membawa multiplier effect bagi kemajuan perekonomian Pulang Pisau, dan mendukung sekali kepada kesuksesan Proyek Strategis Nasional di bidang Ketahanan Pangan, yakni Food Estate. Hibah dari Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau kepada Kementerian Perhubungan diharapkan dapat mempercepat pembangunan multipurpose port. Kejari Pulang Pisau siap melakukan pendampingan, pengamanan dan pengawalan program pembangunan strategis ini,” ucap Priyambudi.

Selanjutnya setelah peninjauan lokasi hibah lahan pembangunan Pelabuhan Bahaur, Bupati Pulang Pisau, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Ketua DPRD dan rombongan menuju ke  Kantor Kecamatan Kahayan Kuala dan disambut oleh Camat Kahayan Kuala beserta Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa Kiapak. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan bantuan pembinaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Aula Kecamatan Kahayan Kuala. Penyerahan plakat dan bantuan pembinaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pokdarwis yang telah menunjukan komitmennya dalam membangun dan mengembangkan wisata di Kecamatan Kahayan Kuala.

Kemudian rombongan melanjutkan peninjauan Dermaga Kecamatan Kahayan Kuala yang nantinya akan diusulkan pembangunan rehabilitasi oleh Pemkab kepada Kemenhub melalui BPTD Wilayah XVI Kalteng. Saat ini dermaga masih menggunakan kayu ulin dan sudah mulai mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan betonisasi.

Sebagai agenda terakhir kunjungan kerja adalah meninjau calon lokasi pembangunan Pelabuhan Kiapak dan rencana ferry penyeberangan lokal Saka Permai Desa Kiapak – Desa Pasanan. Menurut rencana nantinya akan diusulkan pembangunannya oleh Pemkab kepada Kemenhub melalui BPTD Wilayah XVI Kalteng Diharapkan pengusulan ini dapat terealisasi agar dapat mendukung lalu lintas penyeberangan dan roda perekonomian di Kecamatan Kahayan Kuala. [ aditya/rls/red ]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!