oleh

Rapid Test Massal Jelang Kedatangan Presiden RI ke Pulang Pisau

-Handep Hapakat-1.437 views

SKNews – Pulang Pisau : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo kepada media ini via seluler mengatakan, hasil rapid test massal yang digelar Selasa (7/7/2020) di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, terhadap 860 warga desa setempat semua non reaktif.

Muliyanto mengatakan, sebanyak 860 orang rapid test tersebut merupakan hasil pemeriksaan pada hari pertama, di hari kedua Rabu (8/7/2020), tim pemeriksa akan bergeser ke Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu dengan perkiraan sasaran 200-300 orang warga desa setempat.

“Kita patut bersyukur karena semua warga yang dilakukan pemeriksaan rapid test semuanya non reaktif, dan kita berharap dari target 1.000 lebih warga yang kita periksa hasilnya non reaktif semua,” ungkap Muliyanto kemarin.

Menurut dia jumlah warga yang diperiksa di Desa Gadabung relatif lebih sedikit karena diprioritaskan hanya warga yang tinggal disekitar lokasi Helipad dimana nanti pak presiden turun. “Awalnya target kita 2.000 warga, tapi karena keterbatasan tenaga medis target kita kurangi sekitar 1.200 warga saja,” kata Muliyanto.

Diungkapkannya, kegiatan rapid test massal ini diprakarsai Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah beserta unsur Forkopimda-nya dan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau serta unsur Forkopimda Pemkab Pulang Pisau dan lintas sektor, serta dibantu para Camat dan Kepala Desa, khususnya Desa Gadabung dan Belanti Siam.

Sebagaimana diketahui, kegiatan rapid test massal yang dilaksanakan di Desa belanti Siam ini merupakan persiapan menjelang kunjungan Presiden RI Ir Joko Widodo ke Kabupaten Pulang Pisau yang direncanakan dijadwalkan Kamis 9 Juli 2020.

Pemprov Kalteng bersama Pemkab Pulang Pisau telah melakukan upaya persiapan maksimal terkait kunjungan Jokowi ke dua kabupaten yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Sebelumnya, sejumlah personil satuan pelaksana TNI Paspampres telah bersiap siaga di dua lokasi kunjungan presiden, yakni di Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup, dan Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. asri/red

Komentar

SK News Update