oleh

Positif COVID 19 bertambah, Masyarakat agar Patuhi Protokol Kesehatan

Suarakahayannews, PALANGKA RAYA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan Press Release (siaran pers) mengenai perkembangan penanganan pandemi Covid-19 sampai dengan pukul 15.00 WIB, Minggu 08 November 2020 dari Gedung Smart Province Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng.

Disampaikan pada siaran tersebut sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease atau Covid-19 yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan. Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng mengingatkan kembali bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang tingkat penularannya cukup tinggi. Penularan dapat terjadi baik di rumah, perjalanan, tempat kerja, tempat ibadah, tempat wisata maupun tempat lain yang terdapat orang berinteaksi sosial.

Oleh karena itu, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng meminta kepada masyarakat wajib melakukan upaya-upaya perlindungan kesehatan dari resiko penularan Covid-19. Penularan Covid-19 terjadi melalui droplet yang mengandung virus SARSCoV-2 yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut dan mata sehingga masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru.

Selanjutnya Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng terus menerus mengingatkan masyarakat Kalteng bahwa penularan covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat Kalteng. Sampai dengan hari ini, penambahan kasus konfirmasi baru selalu terjadi setiap hari di Kalteng. Hal ini berpotensi terus terjadi jika masyarakat tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalteng menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Minggu, 08 November 2020, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalteng bertambah sebanyak 53 orang dengan total kasus mencapai 4.567 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 161 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 3,5 persen.

Terkait perkembangan data Covid-19 yang akumulasinya telah dihimpun sebagai berikut : Kabupaten-Kota zona terdampak, sebanyak 13 kabupaten dan 1 kota sudah terdampak. Kabupaten Seruyan sudah tidak ada kasus aktif tetapi belum termasuk zona hijau.

Kasus konfirmasi, ada penambahan sebanyak 53 orang, yaitu di Palangka Raya 14 orang, Kotawaringin Timur 12 orang, Kotawaringin Barat 14 orang, Sukamara 8 orang, Gunung Mas 1 orang, dan Barito Selatan 4 orang, sehingga dari semula sebanyak 4.514 orang menjadi 4.567 orang.

Sembuh, ada penambahan sebanyak 5 orang, yaitu di Kotawaringin Barat 3 orang, Pulang Pisau 1 orang, dan Barito Selatan 1 orang, sehingga dari semula 3.999 orang menjadi 4.004 orang.

Kasus Suspek, ada penurunan sebanyak 135 orang, sehingga dari semula 429 orang menjadi 294 orang.Kasus Probable, tidak ada penambahan, sehingga tetap menjadi 45 orang.

Dalam Perawatan, ada penambahan sebanyak 48 orang, sehingga dari semula 354 orang menjadi 402 orang dan Kasus Meninggal, tidak ada penambahan, sehingga tetap menjadi 161 orang. Tingkat kematiannya (CFR) 3,5 %.

Mengakhiri siaran pers tersebut Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kalteng supaya melihat kenyataan bahwa penyebaran covid-19 ini sangat tinggi dan tidak ada lagi yang berpikir kalau ini hanya merupakan sebuah konspirasi, serta meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus mensosialisasikan ancaman covid-19, agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai suatu bentuk adaptasi kebiasaan baru dalam aktivitas sehari-hari. ( Rilis Tim Satgas )

Komentar

SK News Update