oleh

PDAM menuju Inovasi era Digital

Menuju program inovatif

SK NEWS ( PULPIS ) : PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah  yang  bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum dan  merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif maupun legislatif daerah.

Sis Hernawa, SE Direktur PDAM Pulang Pisau saat dibincangi SK News menguraikan bahwa untuk mengelola sarana air bersih ini sangat membutuhkan tenaga dan pikiran yang super extra, hal ini tentu bukan saja faktor bahan baku air bersih maupun tata kelolanya namun SDM dalam pengelolaannya pun sangat dibutuhkan SDM yang handal jika semua harus terlayani dengan minim pengaduan negatif.

‘ Mengelola PDAM ini tidak semudah yang diperkirakan yakni ambil bahan baku, masuk bak pengolahan dan di alirkan  dengan lancar langsung dan bisa dinikmati pelanggan begitu saja, melainkan alur proses inilah yang berusaha kita maksimalkan dalam pelayanan sehingga pelanggan akan terpuaskan oleh fasilitas yang kita berikan,” ungkapnya membuka perbincangan hangat saat dikunjungi SK News di ruang kerjanya.

Berbagai upaya dalam pengelolaan PDAM Pulang Pisau ini tak henti – hentinya melakukan berbagai terobosan baik berupa kunjungan kerja ke daerah lain layaknya studi banding pun kerap dilakukan untuk memaksimalkan kerja PDAM dan Timnya dalam melayani pelanggan yang beragam karakter dan perilaku dalam memanfaatkan sarana air bersih ini.

PDAM Pulang Pisau di akuinya bahwa saat ini masih mendapatkan subsidi dari pemerintah daerah dan hal ini mengingat masih belum imbangnya antara kebutuhan produksi dengan pemasukan dari pelanggan atas air yang di konsumsinya sehingga berbagai pemikiran terus dilakukan agar seiring berjalannya waktu ada penyehatan antara produksi dan pemasukan sehingga PDAM akan mampu menyiapkan SDM dan sarana tata ruang yang memadai.

Sebagai pengelola kebijakan di wilayah kerja PDAM Pulang Pisau Sis Hernawa berupaya terus memaksimalkan pelayanan pelanggan serta memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan roda distribusi dari pos produksi hingga ke tangan pelanggan namun tentunya hal ini menurutnya masih dalam tarap persiapan.

Bahkan sebuah aplikasi dalam system pembayaranpun telah disiapkan untuk menyambut perkembangan era digital dengan cara pembayaran tagihan melalui aplikasi yang bisa di akses di perbankan, kantor pos bahkan agen-agen pembayaran swasta lainnya namun hal ini masih dalam tarap persiapan SDM yang dimiliki sehingga pada saatnya nanti akan dilakukan hal demikian.

“ Jangan sampai kita tergesa-gesa memutuskan sesuatu yang belum matang karna akibatnya akan tidak maksimalnya sistem yang dijalankan yang akhirnya pelanggan yang ikut menanggung kerugian akibat pengelolaan sistem dan SDM yang belum maksimal,” ujarnya seraya mengatakan pasti tuntutan akan kemudahan membayar di era sekarang akan dijalankan.

Ada beberapa daerah yang telah membuat sarana air bersih siap minum ditempat-tempat umum dalam waktu tertentu hal ini juga telah menjadi perhatian PDAM Pulang Pisau untuk direalisasikan namun tentunya hal ini juga sangat diperlukan daya dukung yang memadai dari semua pihak agar semua program inovasi dapat di wujudkan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Rt/red

Wartawan Suara Kahayan NEWS selalu dibekali dengan Kartu PERS serta terdaftar di box Redaksi. admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update