oleh

OTG Naik Drastis Pasca Bertambahnya Pasien Positif Covid-19

-Advetorial-351 views

SKNews – Pulang Pisau : Pasca meninggalnya satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau rupanya berdampak pada kenaikan jumlah orang tanpa gejala (OTG). Data infografik Covid-19 di Pulang Pisau per Selasa 9 Juni 2020 menunjukkan OTG meningkat drastis hingga mencapai 23 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, kasus OTG ini ditetapkan setelah dilakukan penulusuran terhadap sejumlah orang yang diduga melakukan kontak dengan 2 orang pasien positif Covid-19 yang ditetapkan beberapa hari lalu.

“Kita lakukan tracking terhadap sejumlah orang, termasuk kerabat dan tenaga medis di RSUD Pulang Pisau yang sempat merawat pasien, setelah kita wawancara dan mereka mengakui memang ada kontak dengan pasien positif Covid-19 di Pulang Pisau, sehingga kami tetapkan sebagai OTG, dan mereka semuanya sudah dikarantina,” tegas Muliyanto, Selasa (9/6/2020) di Pulang Pisau.

Data GTPP Covid-19 Pulang Pisau per Selasa 9 Juni 2020 menunjukkan kenaikan drastis pada kasus OTG yakni mencapai 23 orang dengan sebaran dari Kecamatan Kahayan Hilir 19 orang yakni Kelurahan Pulang Pisau 14 org, Desa Mentaren I 2 orang, Desa Anjir Pulang Pisau 1 orang, Kelurahan Bereng 2 orang, Desa Gohong 1 orang.

Kemudian Kecamatan Pandih Batu 1 orang yakni dari Desa Karya Bersama, Kecamatan Maliku 1 orang yakni di Desa Maliku Baru, dan Kecamatan Jabirem Raya 1 orang dari Desa Saka Kajang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) hari ini juga mengalami penambahan 1 orang asal Kecamatan Kahayan Hilir, Desa Anjir Pulang Pisau. Sehingga total PDP menjadi 8 orang berasal dari
Kecamatan Kahayan Hilir 4 orang dengan rincian Kelurahan bereng 2 orang, Desa Mantaren II 1 orang, Desa Anjir Pulang Pisau 1 orang.

Selanjutnya dari Kecamatan Pandih Batu 2 orang yaitu dari Desa Pangkoh Hilir 2 orang, dan dari Kecamatan Jabiren Raya 2 orang yakni dari Desa Jabiren sebanyak 2 orang.

Sementara pasien positif hari ini 0 orang dengan total pasien positif covid-19 saat ini 9 orang. Total pasien sembuh 5 orang dan 1 orang dalam perawatan di RSUD Pulang Pisau dan 2 orang di rawat RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya. Sedangkan total pasien positif meninggal hingga hari ini 1 orang.

Demikian pula orang dalam pengawasan (ODP) tidak terjadi penambahan. Total ODP sebanyak 2 orang dengan sebaran asal Kecamatan Pandih Batu 1 orang di Desa Dandang, dan Kecamatan Kahayan Hilir 1 orang di Kelurahan Pulang Pisau. asri/red

Komentar

SK News Update