Optimalkan Serapan Pajak Gedung Walet

  • Bagikan
Salah satu tampak bangunan sarang burung walet di Kota Kuala Pembuang. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan didorong untuk mengoptimalkan serapan pajak gedung burung walet, hal tersebut dinilai sangat peru dilakukan dalam rangka memaksimalkan pendapatn asli daerah (PAD).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Hadinur menyebutkan, secara lembaga pihaknya sangat mendukung penuh terkait adanya penambahan serapan dari pajak gedung atau rumah burung walet. Mengingat hampir di seluruh wilayah setempat terdapat bangunan tersebut, sehingga sangat potensial jika lebih dioptimalkan penerimaannya.

“Kami sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat, yang mana sektor pungutan tersebut masih sulit dioptimalkan. Tentu hal ini harus menjadi atensi kita bersama, sehingga penerimaan PAD maksimal,” katanya, Jum’at, (22/4/2022).

Diakuinya, bahwa dirinya sendiri juga mempunyai bangunan gedung sarang burung walet dan tetap mematuhi pembayaran pungutan, karena memang sudah menjadi suatu kewajiban sesuai dengan regulasi yang ada.

Menurutnya, solusi dari permasalahan ini tentu harus kembali pada regulasi atau peraturan daerah yang sudah dibuat bersama,di mana sudah diatur tentang teknis mengenai pungutan pajak peternak burung walet tersebut.

“Jalankan regulasi yang sudah ada dan pungut pajak sesuai dengan aturan, karena saya menilai sektor pajak ini wajib kita optimalkan guna meningkatkan realisasi PAD kita, yang tentunya juga akan berdampak terhadap maksimalnya peningkatan pembangunan,” tegasnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!