Merangkai Sukses dengan Menggeluti Budidaya Ikan Air Tawar

  • Bagikan
Misno dan kelompoknya saat panen ikan ikan air tawar jenis papuyu dikolam ikannya. Foto : Via Suryanah SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Misno adalah salah satu dari puluhan dari warga Mantaren 2 yang tekun menggeluti budidaya kolam air tawar, puluhan juta rupiah mampu memberikan nilai plus untuk meningkatkan penghasilan pria paruh baya ini dengan terus mengembangkan budidaya kolam air tawar.

Memasuki tahun ke tiga dirinya telah mampu mewujudkan kolam ikan sebanyak 11 kolam dari awal merintis yang hanya 2 kolam dengan rata-rata ikan yang ditebar dalam kolam mencapai 1500 ekor dengan hasil panen bernilai 19 juta rupiah.

Tidak tanggung-tanggung, Misno juga meningkatkan pola menambah penghasilan dengan mengolah pakan sendiri sehingga dengan hal tersebut menurutnya pengasilan semakin besar dibanding jika membeli pakan dari pabrik.

” Dulu hanya 2 kolam dan ternyata usaha kolam sangat menjanjikan dan sata mulai terbiasa dalam 2 kolam saya tambah lagi setiap tahun dan sekarang sudah 11 kolam, rencana kami juga sudah saya wujudkan dengan mengolah pakan sendiri dan ini sangat menghemat biaya pemerilaharaan,” ucap Misno.

Soal pasar hasil panen kata Misno tak perlu diragukan, dirinya sudah memiliki pelanggan tetap dan setiap panen sudah ada yang menunggu hasil panennya.

Berbagai pelatihan dan pendampingan kini Misno dapatkan dari dinas Perikanan dan berbagai pelatihan semakin membuat dirinya mahir dan terampil dalam pengembangan budidaya ikan air tawar. *.*

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!