oleh

Menko Rekomendasikan Presiden untuk datang Canangkan Pulpis sebagai Lokasi Ketahanan Pangan

SKNews – Pulang Pisau : Dalam sambutannya Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto merekomendasikan Presiden RI Ir Joko Widodo harus datang untuk mencanangkan secara resmi program pusat ketahanan pangan nasional di Kabupaten Pulang Pisau.

“Kita akan merekomendasikan bapak presiden untuk datang ke sini, biarkan bapak presiden mencanangkan sendiri lumbung beras nasional dan food estate untuk Indonesia ada di Kalimantan Tengah,” kata Airlangga saat meninjau lokasi pusat ketahanan pangan nasional di Desa Belanti Siam, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Airlangga, pemerintah pusat melalui para menteri kabinet Indonesia Maju telah mengamati seksama peta lokasi yang dipersiapkan untuk dijadikan lahan pertanian food estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

“Peta daerah ini sudah kita amati berkali-kali bersama teman-teman menteri kabinet terutama dengan pak menteri ATR Sofyan A Djalil, tetapi rasanya berbeda kalau kita lihat sendiri hamparan padi yang ada, ini memberikan percaya diri kepada pemerintah bahwa ini adalah pilihan yang tepat,” ungkap Airlangga.

Selain itu, kata Menko Perekonomian, Desa Belanti Siam ini merupakan desa bebas kebakaran hutan yang memungkinkan program pusat ketahanan pangan berhasil dikembangkan.

“Ini adalah hal yang membanggakan, bahwa desa ini bebas kebakaran hutan dan lahan, jadi tidak salah kalo pemerintah pusat mendorong Kalimantan Tengah ini, khususnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas menjadi lumbung padi nasional,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pulang Pisau kedatangan tiga orang menteri RI sekaligus yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil. Turut serta hadir Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga.

Kedatangan kedua Menteri tersebut untuk meninjau langsung lokasi ketahanan pangan yang dipersiapkan di 2 wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Sebelumnya, Menteri Pertanian dan Menteri PUPR meninjau lokasi yang sama beberapa waktu lalu.

Menurut informasi kedatangan sejumlah menteri RI ke Kabupaten Pulang Pisau ini merupakan peninjauan persiapan dalam rangka memonitoring kondisi di lapangan sebelum Presiden RI Ir Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas untuk mencanangkan program nasional Food Setate di wilayah tersebut. asri/red

Komentar

SK News Update