Menjelang Nataru Harga Bapok di Kuala Pembuang Merangkak Naik

  • Bagikan
Aktivitas jual beli di Pasar Sayur dan Ikan Kuala Pembuang, dimana bulan ramadan 1445h ini ada sejumlah harga kebutuhan pangan yang mengalami kenaikan. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Menjelang perayaan natal dan menyambut tahun baru (nataru) 2024, harga sejumlah kebutuhan bahan pokok (bapok) di Kota Kuala Pembuang mulai mengalami kenaikan, menyikapi hal tersebut pemerintah daerah (pemda) akan melakukan sidak pasar jika harga terus merangkak naik.

Asisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan, Adhian Noor menyebutkan, sejumlah komoditas bapok di pasaran yang saat ini mulai mengalami kenaikan, salah satunya terhadap harga cabe yang harganya cukup meningkat dan merata di setiap daerah.

“Berdasarkan informasi yang disampaikan pada rapat inflasi mingguan, tidak hanya di Seruyan yang mengalami kenaikan harga cabe, tetapi juga terjadi pada sejumlah daerah lainnya,” katanya, Kamis (14/12/23).

Dijelaskannya, bapok lainnya yang juga mengalami kenaikan yakni gula pasir dan telur ayam. Kedepan pihaknya akan berupaya menjaga ketersediaan agar kebutuhan menjelang nataru bisa terpenuhi.

“Salah satunya memastikan pengiriman barang dari luar daerah lancar dan tidak ada penimbunan yang dilakukan, demi kenyamanan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di akhir tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, sesuai arahan dari pimpinan akan dilakukan pemantauan dan perkembangan harga, jika harga barang terus mengalami kenaikan maka kemungkinan besar akan melakukan operasi pasar.

“Jika ada kenaikan secara signifikan tim pengendalian inflasi bersama dengan unsur pimpinan akan melakukan sidak, sehingga saat memasuki nataru harga barang stabil dan ketersediaan mencukupi,” ungkapnya.

Adhian Noor menambahkan, operasi pasar merupakan upaya dan langkah dari pemda untuk menstabilkan harga dipasaran, karena saat memasuki nataru minat belanja masyarakat cenderung mengalami peningkatan. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!