Masyarakat Penting Ikut Melakukan Reboisasi

  • Bagikan
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, saat mengiktui kegiatan penanaman pohon. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Dalam upaya melakukan penghijauan hutan kembali atau reboisasi, masyarakat dinilai sangat berpengaruh besar untuk ikut andil dalam menjaga keseimbangan alam.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, melakukan aksi menanam meski hanya satu batang pohon, tentu akan memiliki manfaat besar dikemudian hari, karena fungsi dari tumbuhan memiliki manfaat besar, terutama sebagai serapan air yang dapat mencegah suatu wilayah dari bencana longsor maupun banjir.

Ditambahkannya, manfaat lainnya lagi yang bisa dirasakan dengan lestarinya hutan dan alam yakni dapat mengatasi permasalahan polusi udara. “Kami minta masyarakat ikut sadar untuk bergerak bersama-sama menanam pohon, karena ini sebagai upaya kita agar alam tetap sehat dan terjaga,” katanya, Selasa, (12/4/2022).

Menurutnya, dengan melakukam reboisasi bisa menjadi solusi dalam mengatasi banjir yang terjadi hampir setiap tahunnya belakangan ini di wilayah setempat. “Manfaatnya tidak bisa kita rasakan saat ini, namun beberapa tahun ke depan ini sangat berguna bagi anak cucu kita agar tidak merasakan musibah yang sama,” jelasnya.

Diharapkan, mulai saat ini pemerintah daerah (pemda) agar selalu menggencarkan upaya reboisasi terhadap kawasan hutan yang gundul dengan melibatkan setiap kalangan masyarakat yang ada. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!