Maksimalkan PAD dengan Hadiah 1 Unit Motor

  • Bagikan
Badan Pendapatan Daerah Seruyan, melakukan trobosan dan inovasi dalam meningkatkan penerimaan PAD, ditahun 2024 mendatang akan memberikan hadiah 1 unit motor bagi kecamatan penyumbang PAD terbesar. Foto: Said SK_News.
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo.

SKNews, Seruyan – Dalam upaya memaksimalkan capaian penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan siapkan hadiah 1 unit motor operasional, bagi kecamatan yang capaian penerimaan pajaknya melampaui target.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bpenda) Seruyan, Sukardi menyebutkan, berbagai upaya akan dilakukan dalam mengoptimalkan penerimaan dan pemungutan pajak daerah, salah satunya ditahun 2024 mendatang akan disiapkan penghargaan berupa 1 unit motor. Bagi kecamatan yang memang realisasi pemungutan pajaknyanya sangat tinggi.

“Kami terus mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk lebih maksimal dalam melakukan pemungutan pajak, terutama bagi kecamatan yang banyak sumber potensi dalam penerimaan PADnya,” katanya, Sabtu, (24/6/23).

Menurutnya, upaya ini tidak akan mengurangi hasil penerimaan dan bahkan merugikan daerah, jika dibandingkan hasil yang diberikan lebih dari 500juta dalam setiap tahunnya. “Tentunya apresiasi yang diberikan ini akan sebanding jika suatu kecamatan mampu menyumbang PAD laebi dari 500 juta,” jelasnya.

Pemberiaan hadiah ini menjadi trobosan dari pemda agar 10 kecamatan yang ada di wilayah ini dapat memaksimalkan seluruh penerimaan potensi pajak yang ada di wilayahnya, baik dari izin mendirikan bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sarang burung walet, maupun potensi lainnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan berharap, adanya inovasi dan trobosan ini, mampu meningkatkan dan mengoptimalkan penerimaan PAD. Terlebih dalam 3 tahun terakhir realisasi penerimaan dari PAD, hanya berkisar 60-70 persen.

“Kami mengapresiasi dan mendukung upaya yang dilakuka selagi tidak bertentangan dengan aturan dan regulasi yang berlaku,” katanya.

Diharapkan, pihak terkait yang bertanggungjawab dalam hal ini dapat terpacu, sehingga realisasi PAD bisa mencapai 100 persen bahkan lebih. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!