Ketua: Optimalkan Sektor UMKM

  • Bagikan
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, ketika meminta pemda setempat untuk mengoptimalkan dan mendorong seluruh sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, untuk lebih mengoptimalkan dan mendorong seluruh sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masyarakat agar perekonomian pelaku usaha khususnya meningkat.

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo menyampaikan, pihaknya selalu mendorong pemda untuk membantu memberdayakan seluruh sektor UMKM yang ada, mengingat di daerah ini cukup banyak sektor usaha mayarakat lokal yang sangat berpotensi dikembangkan.

“Banyak produk UMKM lokal yang cukup bagus untuk dikembangkan dan dikenalkan secara luas, mulai dari kerupuk berbahan ikan, terasi, ikan asin, anyaman purun, dan lainnya,” katanya, Minggu, (26/11/23).

Dijelaskannya, sektor UMKM masyarakat lokal perlu dioptimalkan dan diberdayakan secara menyeluruh, sebagai upaya untuk memberikan dampak positif khususnya bagi kesejahteraan masyarakat.

“Selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, tidak menutup kemungkinan secara tidak langsung juga dapat untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” ungkapnya.

Menurutnya, maksimalnya usaha masyarakat secara tidak langsung dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah, bahkan juga dapat untuk meningkatkan pengembangan produk unggulan daerah lainnya.

“Sesuai fakta di lapangan adanya sektor UMKM juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kesempatan dan peluang kerja masyarakat,” tegasnya.

Politisi PDIP ini menambahkan, melalui sektor UMKM masyarakat mampu bertahan hidup minimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih dimasa pandemi covid-19 beberapa waktu yang lalu banyak yang kehilangan penghasilan dan pekerjaan.  Untuk itu, sudah selayaknya pemda memberikan perhatian khusus terhadap pelaku usaha yang ada. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!