Kesiapan RSUD Hadapi Arus Mudik Jelang Idul Fitri 1443 Hijriah

  • Bagikan
Bupati dan Direktur RSUD bersama tim saat melakukan kunjungan ke ruang operasi RSUD Pulang Pisau sebagai upaya rutin melhat langsung kegiatan tim medis dalam penanganan pasien. Foto : Aditya/ tim
SK News, PULANG PISAU – Berbagai upaya dilakukan pihak RSUD Pulang Pisau dalam meng-antisipasi arus mudik baik jelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1443 hijriah, diantaranya siaga pos mudik dengan gabungan tim yang terbentuk setiap tahunnya.

Tidak dipungkiri bahwa masa pandemi covid-19 yang selama 2 tahun terakhir diberlakukan larangan mudik namun untuk lebaran Idul Fitri tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran untuk masyarakat bisa mudik ke kampung halaman.

Pembolehan tersebut membuat RSUD menyiapkan tim nakes untuk siaga baik di RSUD maupun pos jaga tim gabungan guna antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan diwilayah kabupaten Pulang Pisau.

Dr Muliyanto Budihardjo mengatakan bahwa tahun ini masyarakat akan memanfaatkan waktu lebaran untuk melakukan perjalanan pulang kampung sehingga diprediksi arus mudik diwilayah Pulang Pisau akan mengalami arus lalu lintas yang padat.

“ Kita prediksi bahwa idul fitri tahun ini arus mudik lebaran akan meningkat sehingga kerawanan lalu lintas akan menjadi langkah kami untuk menyiapkan diri antisipasi terjadinya kecelakaan di jalan lintas, kami tentu akan menyiapkan tim untuk siaga lebih dibanding hari biasa,” kata dr. Muliyanto kepada SK News.

Untuk hal tersebut menurut Muliyanto yang dilakukan adalah dengan menyiapkan tim medis dalam penanganan bila terjadi hal yang tidak diinginkan baik untuk warga Pulang Pisau maupun pengguna jalan lintas trans kalimantan wilayah Pulang Pisau.

“ Jalan lintas trans yang ada di Pulang Pisau ini sering terjadi laka yang mengakibatkan penanganan di sarana kesehatan dan kami sudah melakukan rapat intern antisipasi hal tersebut termasuk penyedaiaan obat dan layanan di IGD lebih siaga lagi,” ucapnya.

Ditambahkan Muliyanto bahwa ketersediaan obat juga menjadi perhatian RSUD serta jam siaga untuk jajaran tim nakes baik untuk siaga di pos pantau mudik maupun di ruang IGD, sedangkan lokasi diluar kota pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!