Kembangkan Sektor Wisata melalui Video Pendek

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bakhzar Egfendi saat dibincangi wartawan media ini terkait program wisata pasca pandemi. Foto : Aditya

SKNEWS, PULANG PISAU – Menggiatkan sektor budaya dan pariwisata ditengah terpuruknya pendapatan ekonomi masyarakat dibidang tersebut menjadi pemikiran tersendiri bagi pemerintah untuk kembali digiatkan tatkala pandemic sudah mulai mereda.

Dari berbagai kunjungan serta aspirasi dari kelompok sadar wisata wilayah Pulang Pisau kini kondisi mereka terasa sangat sulit untuk bangkit kembali sehingga diperlukan suatu terobosan untuk kembali mengenalkan destinasi wisata ke publik.

Menurut kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau, Bakhzar Efendi bahwa salah satu terobosan yang akan digelar adalah mengangkat kembali sektor wisata melalui sarana yang lagi berkembang yakni internet.

“ Banyak laporan dari lokasi wisata didaerah ini bahwa sangat berat mengembangkan kembali untuk menjadi pendapatan masyarakat dari para wisatawan sehingga dari sini kami membuat pemikiran sebuah terobosan bagaimana sektor wisata ini bangkit kembali dan dikunjungi wisatawan,” kata Bakhzar.

Untuk itu menurutnya perlu dibuat strategi promosi melalui dunia internet, salah satunya adalah publikasi melalui produksi film dan video pendek namun karena keterbatasan tempat dan waktu maka kami menyerahkan sepenuhnya pembuatannya kepada para pokdarwis untuk membuat dan menyebarkan sendiri destinasi wisata didaerahnya.

Dikatakan Bakhzar salah satu kendala yang dihadapi adalah kemampuan mengolah dan cara menarik untuk mengemasnya dan dari hal tersebut diperlukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk membantu dalam pelatihan multimedia.

“ Anggaran kami terbatas sehingga kita perlukan cara termudah dalam melakukan terobosan tersebut, alhasil ada perhatian dari pihak luar untuk melakukan pelatihan kepada kelompok sadar wisata dan ini kita lalkukan agar pengelola wisata memiliki sedikit kemampuan untuk melakukan upaya promosi lokasi wisata,” kata Kepala Dinas.

Awal kegiatan kami lakukan dilokasi wisata yang ada di wilayah Kahayan Tengah, ada beberapa lokasi wisata yang menarik untuk dilakukan pembuatan video pendek seperti Wisata air terjun Sahai Tambi Balu desa Tahawa dan ini akan menjadi sasaran pengembangan promosi sektor pariwisata. *.*

Respon (66)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!