Kemahiran Pokdarwis Penentu Kemajuan Sektor Wisata

salah satu strategi yang dilakukan pemerintah adalah dengan menggerakan pokdarwis yang diharapkan kembali bisa mengenalkan potensi daerah terutama sektor wisata. Foto : Aditya.
SK News, Pulang Pisau – Indonesia telah berupaya menggerakkan pemulihan ekonomi nasional dengan menggairahkan kembali kegiatan masyarakat khususnya pelaku usaha, salah satunya adalah membangkitkan kembali sektor pariwisata.

Jika melihat dari perkembangan ekonomi pasca pandemi covid-19 hingga kini upaya pemulihan ekonomi belumlah maksimal sehingga diperlukan berbagai strategi dalam menggerakkan pelaku usaha untuk kembali bergairah.

Salah satunya adalah sektor pariwisata, sektor ini jauh sebelum pandemi mampu menyumbangkan pendapatan asli daerah yang cukup signifikan bahwa masyarakat di daerah yang mempunyai destinasi wisata sudah cukup sejahtera namun perlahan pandemi membuat ekonomi menjadi terpuruk dan pariwisata mati suri.

Strategi yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini dinas kebudayaan dan pariwisata adalah dengan menggerakkan kelompok sadar wisata, dengan berbagai upaya dimaksudkan pokdarwis ini kembali bisa membuka destinasi wisata dengan cara mengenalkan kembali potensi daerah dalam bidang pariwisata.

Bakhzar Efendi selaku kepala dinas kebudayaan dan pariwisata pulang pisau merasa perlu bahwa pokdarwis harus disegarkan kembali daya minat untuk menggerakkan kembali potensi wisata daerah, dengan pokdarwis maka kunjungan wisatawan akan meningkat dan pemerintah pun bisa kembali hadir melakukan pendampingan dalam upaya pengembangan pariwisata tersebut.

” Dengan adanya pokdarwis inilah kita bisa mealokasikan anggaran dan juga dengan adanya pokdarwis inilah nantinya anggaran – anggaran bisa di salurkan, jadi dengan ini pokdarwis inilah kita memiliki peluang peluang untuk kita jadikan tolak ukur untuk kita bisa meningkatkan kembali terutama dalam bidang pariwisata.” ucap Bakhzar.

Bakhzar menyebut bahwa saat ini melalui dinas budaya dan pariwisata telah secara perlahan mendorong potensi wisata untuk bangkit kembali dengan melakukan inventarisasi potensi dan membuat berbagai strategi dalam upaya menghidupkan kembali destinasi wisata yang populer saat itu dan kini harus dikembangkan lagi. *.*

 

Respon (42)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!